Home / BERITA / 2015 Merupakan Tahun Politik Melelahkan

2015 Merupakan Tahun Politik Melelahkan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (suarapemilih.com)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JATENG-Untuk pertama kalinya masyarakat Jawa Tengah terlibat dalam proses demokrasi yang panjang, sebab tak bisa dipungkiri tahun 2015 merupakan tahun (politik) yang melelahkan terhitung sejak pendaftaran calon, baru resmi berlangsung pada pertengahan tahun, sesungguhnya atmosfer kontestasi politik sudah berjalan sejak awal tahun, Senin (28/12/2015). Sampai saat ini pilkada sangat menguras energi.

Jelas saja, 21 dari 35 kabupaten/kota atau 60 persen daerah di Jawa Tengah terlibat dalam pemilihan kepala daerah. Maka dari itu Pilkada serentak juga menguras energi masyarakat Jawa Tengah.

Selangkah lagi, kita masuk tahun 2016, yang boleh disebut sebagai Tahun Rekonsiliasi. Tahun 2016 merupakan saat melakukan recovery atau pemulihan setelah melewati tahun politik yang menguras energi. Dan syukurlah, tahun politik itu telah berlalu.

Kesuksesan penyelenggaraan Pilkada serentak pada 2015 merupakan modal politik untuk menghadapi tahun 2016. Saatnya untuk menjadikan ketegangan selama proses Pilkada sebagai masa lalu, dan sebagai gantinya, menatap 2016 sebagai tahun untuk bersama-sama menata dan membangun.

Secara umum, pelaksanaan Pilkada serentak, terutama di Jawa Tengah, berjalan relatif mulus. Jikalau ada sedikit persoalan, baik berupa dugaan keterlibatan PNS dalam kampanye, dugaan money politics, atau pun kecurigaan atas penggelembungan suara, hal itu bisa dikategorikan sebagai dinamika sebuah pesta demokrasi.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak di Jateng berjalan cukup baik.

“Maaf saja, di beberapa daerah lain (di luar Jawa Tengah–Red), ada kantor dibakar, masyarakat menggeruduk. Sampai hari ini, alhamdulillah, di Jawa Tengah tidak ada. Meskipun dalam perdebatan masa kampanye sedikit saling sindir, semuanya masih dalam taraf kedewasaan,” terang Ganjar.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: