Home / BERITA / Ada 11 Pelanggaran Selama Kampanye ??

Ada 11 Pelanggaran Selama Kampanye ??

Anggota Panwaslu Boyolali menata ratusan alat peraga kampanye (APK) yang telah ditertibkan
Anggota Panwaslu Boyolali menata ratusan alat peraga kampanye (APK) yang telah ditertibkan/suarapemilih.com

Suarapemilih.com,BOYOLALI-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Boyolali mencatat sekitar ada 11 jenis pelanggaran yang terjadi selama masa kampanye, jumat (23/10/2015). Sampai berita ini ditulis panwaslu masih mencari pelanggaran selama kampanye.
Dalam evaluasi pengawasan yang di selenggarakan panwaslu Boyolali, ada sejumlah pelanggaran yang muncul karena perbedaan persepsi tim sukses yang terkait aturan main. Ketua Panwaslu boyolali, Narko Nugroho mengatakan semua harus di komunikasikan lagi, secara prinsip penyelenggara punya sikap tetapi peserta memiliki persepsi sendiri mengenai aturan mainya.
Contohnya, terkait mobil branding serta maraknya posko pemenangan dan sukarelawan yang tidak terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu. Selain itu juga penerima bantuan traktor, konsekuensi harus bisa mendapatkan suara sekian persen untuk salah satu calon.

Ada juga yang menjanjikan dapat bantuan senilai tertentu jika bisa menang, padahal yang dijanjikan adalah rancangan bantuan gubernur. Ini riil terjadi di lapangan.
Pemanfaatan program pemerintah untuk kampanye dipastikan melanggar UU No.8/2015 tentang Pilkada. Evaluasi menghadirkan tim sukses masing-masing calon.
Ribut Budi Santoso, yang mewakili pasangan Seno Samodro-Said Hidayat, menanggapi masalah mobil branding. Dia menyayangkan karena larangan mobil branding hanyalah kesepahaman antara KPU dengan Panwaslu tanpa melibatkan paslon.
Sementara, Yusuf, yang mewakili pasangan Agus Purmanto-Sugiyarto, lebih mendesak aparat dari kepolisian untuk bersikap netral dalam pilkada.

Dia menyayangkan karena polisi tidak berani menertibkan mobilisasi massa pasangan nomor urut 1, di Horison Airport Hotel Solo, pada Minggu (18/10/2015), padahal pada hari tersebut jelas merupakan jadwal kampanye nomor urut 2.
Dia juga meminta penyelenggara tegas menyikapi mobilisasi PNS dalam kampanye.Mj

About cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: