Home / BERITA / Ada Perbedaan, Pelantikan Kepala Daerah Dipisah

Ada Perbedaan, Pelantikan Kepala Daerah Dipisah

Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (suarapemilih.com)
Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA-Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu akan dibagi menjadi dua gelombang, sebab ada dua perbedaan yang yang terjadi, Selasa (29/12/2015). Sampai saat ini pihak terkait sedang mempersiapkan diskusi mengenai hal tersebut.

Pelantikan gelombang pertama pada Januari mendatang adalah bagi daerah tanpa sengketa Pilkada. Sedangkan daerah dengan sengketa Pilkada, pelantikan kepala daerahnya menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Maret 2016.

Ia mngatakan bahwa dirinya sedang mempersiapkan diskusi Rapat Pimpinan (Ratim), “dan kalau bisa dibagi dua tahap. Bagi daerah yang tidak ada sengketa pilkada kalau bisa akhir Januari dan kalau daerah ada yang sengketa, menunggu keputusan MK akhir Maret,”, ujarnya saat mengunjungi Balai Kota Jakarta, siang tadi.

Menurutnya, dari ratusan kasus yang dilaporkan ke MK tidak semuanya bisa diproses lebih lanjut. Ia berharap proses hukum ini tidak menganggu keputusan di daerah. “Jadi, kita sepakat akhir Januari. Kemudian tahap kedua akhir Maret,” tegas dia.

Dirinya berharap, bagi lima daerah yang tertunda proses Pilkada-nya, yakni Kalimantan Tengah, Fakfak, Pematangsiantar, Simalungun, dan Manado bisa segera dilaksanakan. Paling tidak hingga Maret 2016, sehingga bisa ikut dilantik bersamaan.

“Pilkada yang lima (daerah) itu tetap menungu keputusan MK. Soal mau dibuat serentak atau tidak itu keputusan KPU, mudah-mudahan tidak melebihi Maret supaya bisa ikut dilantik bareng,” pungkas politikus PDI Perjuangan itu.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

pilkada serentak,suarapemilih.com

Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi

Suarapemilih.com,-Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: