Home / BERITA / Alasan Ahok Dapat Dicoret Dalam Pilgub DKI 2017

Alasan Ahok Dapat Dicoret Dalam Pilgub DKI 2017

Alasan Ahok Dapat Dicoret Dalam Pilgub DKI 2017
Foto Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersama Teman Ahok (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa terancam dicoret dari ajang Pilkada DKI Jakarta 2017 setelah jika Ahok gagal verifikasi dan relawan Teman Ahok terbukti melakukan praktik jual beli KTP, Rabu (29/06/2016). Sampai berita ini diturunkan praktik tersebut adalah tidak sah menurut aturan UU.

Pengamat Hukum, Margarito mengatakan jika memang gagal verifikasi dan terbukti melakukan praktik jual beli KTP kemungkinan Ahok akan didiskualifikasi sebab dari hukum tidak bisa dikenakan pidana dan belum ada pasal yang mengatur soal jual beli KTP untuk memidanakan Teman Ahok.

Dengan demikian, ia meminta agar KTP yang dikumpulkan Teman Ahok divalidasi terlebih dahulu, benar atau tidaknya si pemilik KTP memberikan KTP nya untuk Ahok. Jika hal itu tidak benar maka KTP tersebut pun tidak valid.

Ia menegaskan dalam landasan dasar hukum pelaksanaan pilkada, Teman Ahok telah melanggar peraturan KPU tahun 2009. Sedangkan dari hukum pidana, belum ada hukum yang menjerat jual beli pengumpul satu juta KTP.

Terkait dengan validasi, Aiman Witjaksono dari Kompas TV dengan didampingi seorang pendiri Teman Ahok lalu melakukan verifikasi faktual dengan sampel 2 (dua) KTP yang dikumpulkan Teman Ahok.. Mereka mendatangi rumah sesuai KTP yang dikumpulkan Teman Ahok. Hasilnya, kedua KTP tersebut ternyata bermasalah karena kedua orang yang namanya tercantum dalam daftar KTP Teman Ahok ternyata tidak berdomisili di tempat sesuai KTP yang diberikan.

Aiman Witjaksono pun mempertanyakan hal tersebut kepada Teman Ahok, Teman Ahok hanya bisa menjawab asal-asalan yang pada dasarnya mereka juga tak pernah membayangkan kejadian tersebut. Adm

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: