Home / BERITA / Arcandra Berkewarganegaraan Ganda Cacat secara Hukum

Arcandra Berkewarganegaraan Ganda Cacat secara Hukum

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar(suarapemilih.com)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar(suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA-Status Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar sebagai WNI atau WNA rupanya masih menjadi pertanyaan banyak pihak, pasalnya Ia diperkirakan memiliki dua paspor yakni luar dan paspor indonesia, Senin (15/8/2016). Hingga saat ini kabar tersebut masih belum jelas kepastiannya terkait Arcandra yang berkewarganegaraan ganda.

Karena Ia seorang menteri, pemerintah harusnya paham mengenai hal tersebut. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara Pasal 22 menyatakan: Untuk dapat diangkat menjadi Menteri, seseorang harus memenuhi persyaratan warga negara Indonesia.

Jika memang Arcandra berkenegaraan asing, Oleh karena itu tidak perlu berlama-lama menyelesaikannya. Hari ini juga sebaiknya pemerintah membatalkan demi hukum pelantikan Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM.

Guru besar hukum tata negara UGM Denny Indrayana menegaskan bahwa status WNI Arcandra Tahar otomatis hilang apabila merujuk pada Pasal 31 ayat 1 PP nomor 2 tahun 2007. Selain itu, status WNI yang gugur itu tidak perlu ditetapkan melalui keputusan presiden.

Keputusan Presiden RI tentang kewarganegaraan seseorang hanya berlaku untuk 2 kondisi yaitu ketika seorang anak dari pasangan WNI lahir di negara yang menganut Ius Soli (hak untuk wilayah) dan seorang anak yang lahir dari pernikahan campuran (WNI dan WNA).

Hal serupa juga dikatan oleh  pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra pun menyampaikan demikian. Dengan tegas Yusril menjawab kewarganegaraan Arcandra telah gugur.

“Otomatis (status WNI gugur apabila seorang WNI mengalami kriteria dalam Pasal 31 ayat 1 PP nomor 2 tahun 2007). Karena kita kan tidak menganut dwi kewarganegaraan,” ucap Yusril Ihza Mahendra

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: