Home / BERITA / Aturan Pilkada Tak Relevan, MK Dinilai Tak Konsisten

Aturan Pilkada Tak Relevan, MK Dinilai Tak Konsisten

Ilustrasi Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (suarapemilih.com)
Ilustrasi Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai Mahkamah Konstitusi (MK) tak konsisten dalam menindaklanjuti permohonan perselisihan pilkada setelah aturan mengenai selisih suara untuk mengajukan gugatan hasil pilkada tak relevan, Minggu (03/01/2016). Sampai berita ini diturunkan belum ada penyelesaian terkait hal tersebut.

Koordinator pemantau Perludem, Fadli Ramadhanil mengatakan kalau saja pihak MK menyatakan mau melihat (isi materi permohonan) dan mengatakan bahwa kalau punya bukti yang cukup akan diperiksa, maka tidak relevan syarat (selisih suara) ini untuk diatur.

Ia mengungkapkapkan jika pihak MK juga memberikan ruang bagi pemantau pemilu untuk mengajukan permohonan. Para pemantau pemilu tak mungkin mempersoalkan hitung-hitungan suara melainkan lebih mempersoalkan masalah kecurangan dalam pelaksanaan pilkada.

Fadli juga menambahkan, jika MK hanya melihat selisih suara tanpa mempertimbangkan faktor lainnya, maka dari total 147 permohonan yang berpotensi diloloskan hanya 23 permohonan . sebab ada beberapa daerah yang selisih suaranya signifikan namun proses penyelenggaraannya bermasalah.

Salah satunya pilkada di Kabupaten Humbang Hasundutan, dimana ada satu partai politik yang mengajukan dua calon kepala daerah bersamaan tetapi disetujui Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Fadli berharap dengan adanya hal tersebut pihak MK lebih mempertimbangkan lagi faktor-faktor lain selain selisih suara dari dihasil pilkada. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: