Home / BERITA / Bawaslu Wajib Turun Tangan Guna Tekan Politik Uang

Bawaslu Wajib Turun Tangan Guna Tekan Politik Uang

Tekan Politik Uang di Pilkada 2015
Tekan Politik Uang di Pilkada 2015 (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Mengantisipasi kecurangan tersebut semakin parah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk segera turun tangan setelah terindikasi menjelang digelarnya pilkada serentak yang diadakan pada 9 Desember 2015 rawan adanya permainan politik uang, Minggu (22/11). Sampai berita ini diturunkan Banwaslu belum menunjukan aspek transparasi dalam soal pendanaan.

Koordinator Nasional JPRR, Masykurudin Hafidz mengatakan pihaknya mengira bahwa Bawaslu belum mempunyai strategi apapun dalam hal tersebut. Bawaslu dinilai hanya bisa mengintensifkan pencegahan dan membangun komitmen dengan pasangan calon, sifatnya hanya dipermukaan.

Masykurudin menegaskan untuk mencegah kecurangan Pilkada menggunakan politik uang ialah Bawaslu harus segera membuat strategi. Terlebih pelaksanaan Pilkada serentak tinggal berjarak kurang lebih 2 minggu lagi.

Ia juga menjelaskan, transaksi penerimaan-pengeluaran, kepatuhan dalam pelaporan dan praktik sumbangan dalam urusan Pilkada masih dikelola ala kadarnya. Kemampuan administrasi keuangan dalam tim kampanye pasangan calon pun masih lemah. Kondisi tersebut yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam perbaikan pengelolaan dana kampanye kedepan.

Masykurudin menambahkan, jika Bawaslu bergerak cepat mengantisipasi hal itu, perlu dilakukan berapa hal. Salah satunya strategi yang harus dilakukan ialah penanganan pelanggaran jika ditemukan pelanggaran yang dilakukan pasangan calon. Bawaslu harus cepat menangkap, melapor dan sampai proses akhir memberikan hukuman.

Menurutnya, dalam hal ini perlu ada pelatihan khusus bagi partai politik dalam pengelolaan keuangan dana kampanye yang sistemik dan transparan. Bawaslu juga diharapkan untuk melakukan langkah cepat mengawasi peningkatan transaksi keuangan jelang Pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: