Home / BERITA / Calon tunggal untungkan parpol

Calon tunggal untungkan parpol

Calon tunggal untungkan parpol/suarapemilih.com
Calon tunggal untungkan parpol/suarapemilih.com

Suarapemilih.com, JAKARTA – Sejumlah kendala terkait putusan dari Mahkamah Konstitusi mengenai calon tunggal dimungkinkan akan muncul, namun hal ini menguntungkan bagi parpol untuk mengukur efektivitas mesin parpol dalam menggalang simpati masyarakat pemilih tanpa “lawan resmi”.

Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Inonesia menyambut dengan baik. Putusan MK ini dinilai terobosan demokrasi untuk melindungi hak politik masyarakat dan kandidat pasangan calon.

Namun sejumlah kendala bakal muncul yaitu saat mensosialisasikan sistem pemilihan berwujud referendum. Selain itu bagi pasangan calon tunggal akan menjadi tantangan mengingat mepetnya waktu untuk mengkampanyekan dan meyakinkan pemilih untuk berkata atau memilih “ya”.

“Pihak-pihak yang tidak menginginkan calon tunggal menang atau berkuasa akan berusaha dengan segala upaya mengajak dan memobilisasi pemilih berkata atau memilih “tidak”,” ujar anggota KIPP Indonesia Girindra Sandino, Rabu (30/9/2015).

Untuk itu harus ada jaminan pilkada diselenggarakan. MK memutuskan daerah yang hanya mempunyai satu pasangan calon kepala daerah dapat mengikuti pilkada serentak Desember 2015. MK berpandangan, pemilihan kepala daerah wujud dari pelaksanaan kedaulatan rakyat, dalam hal memilih dan dipilih.

MK beralasan, ketentuan pada Undang-Undang Nomor 8/2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah yang menyaratkan pemilihan kepala daerah harus diikuti lebih dari satu pasangan calon, apabila syarat tersebut tidak terpenuhi, berpotensi pilkada ditunda atau gagal terselenggara. Hal itu tentunya merugikan hak konstitusional warga untuk memilih dan dipilih.

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: