Home / BERITA / Gugurkan 114 Gugatan, KPU Sambut Positif Putusan MK

Gugurkan 114 Gugatan, KPU Sambut Positif Putusan MK

Gugurkan 114 Gugatan, KPU Sambut Positif Putusan MK
Foto Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ida Budhiati (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambut positif  keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) setelah MK telah menyatakan 114 gugatan hasil pemilihan kepala daerah (PHP) tidak memenuhi syarat untuk dapat dilanjutkan proses persidangannya, Selasa (26/01/2016). Sampai berita ini diturunkan keputusan MK tersebut bersifat final.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ida Budhiati mengatakan MK dalam memutuskan perkara, sepenuhnya menggunakan aturan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali kota, serta Peraturan MK Nomor 1 Tahun 2015 junto Peraturan MK Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pedoman Beracara Dalam Perkara Perselisihan Hasil Pilkada.

Maupun pasal 157 yang mengatur batas waktu pengajuan sengketa 3×24 jam, dan Pasal 158 yang mengatur ambang batas selisih suara agar pemohon dapat mengajukan gugatan. MK tetap tunduk pada ketentuan pasal tersebut.

Ida menjelaskan keputusan tersebut sangat jelas terangkum dalam pertimbangan Majelis Hakim dalam setiap perkara, sesaat sebelum Majelis Hakim membacakan keputusannya. Dengan demikian semua pihak tidak memiliki alasan meragukan putusan MK. Apalagi keputusan MK bersifat final dan mengikat.

Ia menambahkan sebagaimana yang telah diketahui, MK sebelumnya telah menerima 147 gugatan PHP dari total pelaksanaan pilkada langsung 2015 yang dilaksanakan serentak di 264 daerah pada 9 Desember lalu. 114 gugatan telah resmi dinyatakan gugur. Dan satu perkara masih menunggu penghitungan surat suara ulang berdasarkan perintah MK dan 32 gugatan lainnya belum dibacakan. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: