Home / BERITA / Incumbent berpotensi gunakan dana Bansos

Incumbent berpotensi gunakan dana Bansos

Ilustrasi dana bansos/suarapemilih.com
Ilustrasi dana bansos/suarapemilih.com

Suarapemilih.com – Forum Transparansi Anggaran untuk Indonesia (Fitra) mencium adanya dugaan kepala daerah yang akan bertarung lagi di Pilkada Serentak Desember 2015 (Incumbent) berpotensi menyalahgunakan dana bantuan sosial (Bansos). Fitra mencatat, dana bansos tersebut sebesar Rp 1,3 triliun dan dana desa Rp 3,6 triliun.

Hal itu mengharuskan pemerintah untuk melakukan upaya mempersempit ruang gerak ‘kepala daerah nakal’ yang akan memanfaatkan dana tersebut.

Sekjen Fitra, Yenny Sucipto menjelaskan, peraturan saat ini seolah-olah memberi ruang yang luas bagi kepala daerah untuk menggunakan bansos. Karena itu, pihaknya meminta pemerintah untuk mengevaluasi aturan penggunaan dana bansos dan dana desa yang terangkum dalam Peraturan Menteri 39 tahun 2012 soal pemberian bansos dan hibah.

Ia juga meminta Kemendagri agar bekerja sama dengan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) sebagai tindakan preventif demi menetralisir kerugian negara. Termasuk dalam koordinasi dengan Bawaslu untuk melakukan pengawasan pengelolaan APBD.(Pa/An)

About suara pemilih cyber team

Check Also

pilkada serentak,suarapemilih.com

Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi

Suarapemilih.com,-Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: