Home / BERITA / Jaga Independensi, Gugatan Pilkada Dibagi Tiga Panel

Jaga Independensi, Gugatan Pilkada Dibagi Tiga Panel

Foto Sidang di Mahkamah Konstitusi (suarapemilih.com)
Foto Sidang di Mahkamah Konstitusi (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK), akan membagi proses penyelesaian gugatan permohonan hasil pemilu ke dalam tiga panel ini dilakukan sebab untuk menjaga independensi yang ada, Selasa (05/01/2016). Sampai berita ini diturunkan masing-masing panel akan diisi oleh tiga orang hakim yang berasal dari daerah yang bukan asal daerah permohonan yang ditangani.

“Seluruh permohonan perkara yang tadi saya sudah sebutkan, 147 permohonan itu, akan kita bagi dalam tiga panel, kita perlu membedah seluruh permohonan itu,” kata Ketua MK, Arief Hidayat, di Gedung MK, Jakarta.

Ketua Mahkamah Konstitusi, Arief Hidayat, mengatakan dalam memproses permohonan gugatan hasil pilkada tersebut, mahkamah akan dibagi ke dalam tiga panel. Yakni masing-masing panel, katanya akan mengadakan sidang, atau rapat-rapat internal, untuk mengkaji permohonan-permohonan yang sudah masuk.

Ia mengungkapkan masing-masing panel akan diisi oleh beberapa perkara, Panel I mendapatkan 50-an perkara, sesuai dengan daerahnya, Panel II mendapat sekitar 40-an perkara dan Panel III juga mendapat sekitar 50-an perkara.

Arief menambahkan Panel-panel tersebut, terdiri dari tiga hakim yang dipilih sesuai dengan daerah asal permohonan gugatan yang mereka tangani. Hakim-hakim tersebut mengatakan, tidak akan menangani perkara-perkara yang berkaitan dengan daerah asal mereka. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: