Home / BERITA / Jika Draft Revisi UU Resmi, Ahok Butuh 532.213 KTP

Jika Draft Revisi UU Resmi, Ahok Butuh 532.213 KTP

Jika Draft Revisi UU Resmi, Ahok Butuh 532.213 KTP
Ilustrasi Ahok Pilih Independen (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Bakal calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diperkirakan akan membutuhkan dukungan fotocopy KTP sejumlah 532.213 dari penduduk DKI Jakarta jika setelah draft revisi ditetapkan resmi, Jumat (01/04/2016). Sampai berita ini diturunkan draft revisi yang secara resmi telah diserahkan ke DPR, Senin (28/3) kemarin.

Menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono, pembahasan bersama diharapkan dapat segera dilakukan.  Hal ini agar  pelaksanaan pilkada 2017 dapat menggunakan landasan hukum yang baru nantinya.

Salah satu yang tertera dalam draft usulan revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota adalah persyaratan calon yang bakal maju dari jalur independen. Yakni tidak lagi mengacu pada persentase jumlah penduduk. Namun merujuk daftar pemilih tetap (DPT) dari pemilu sebelumnya.

Untuk pemilihan gubernur pada daerah dengan jumlah DPT sampai dua juta jiwa, diusulkan persentase dukungan minimal bagi calon independen, mencapai sepuluh persen. Daerah dengan DPT dua juta sampai enam juta, persentase dukungan 8,5 persen. Kemudian DPT 6 juta-12 juta harus didukung paling sedikit 7,5 persen.

Jika syarat usulan ini disetujui, maka contohnya untuk pilkada DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama diperkirakan membutuhkan dukungan fotocopy KTP dari 532.213 penduduk DKI Jakarta. Ini mengacu pada jumlah DPT DKI Jakarta pada pemilu 2014 lalu yang mencapai 7.096.168 jiwa. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: