Home / BERITA / Junjung Netralitas, Pengawas TPS Haram Jadi Saksi

Junjung Netralitas, Pengawas TPS Haram Jadi Saksi

Pelantikan Pengawas TPS Kebumen
Pelantikan Pengawas TPS Kebumen (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, KEBUMEN – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kebumen dilarang keras menjadi saksi bagi Cabup dan Cawabup setelah dihimbau untuk menjunjung tinggi netralitas dan kejujuran dalam penyelenggaraan pilkada, Sabtu (28/11/2015). Sampai berita ini diturunkan pengawas TPS telah dibentuk oleh Panwaskab Kebumen.

Ketua Panwaskab, Suratno menegaskan Pengawas TPS adalah orang yang paling mungkin dijadikan saksi bila terjadi sengketa Pilkada sehingga pihaknya melarang pengawas TPS untuk menjadi saksi bagi pasangan calon.

Menurutnya pengawas TPS memiliki peran yang sangat strategis sebagai garda terdepan dalam pengawasan Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang. Maka itu, arahan juga penting diberikan kepada pengawas TPS. Meski umumnya Pengawas TPS dijabat oleh para pemula yang belum berpengalaman.

Pihaknya mengatakan, pengawas haruslah tegas, tetapi tidak harus keras. Mereka juga harus jeli dalam melihat persoalan atau permasalahan, bertindak dalam koridor hukum, sebab setiap tindakannya memiliki konsekuensi hukum. Sebab hal tersebut yang menjadi acuan untuk membedakan antara penonton dan pengawas.

Ia juga berharap selain netralitas, panwas juga harus memiliki integritas guna mewujudkan Pilkada Kebumen yang berkualitas dan taat azas. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: