Home / BERITA / Kalah, Ida Tak Hadiri Penetapan Bupati

Kalah, Ida Tak Hadiri Penetapan Bupati

Hj. Sri Surya Widati (suarapemilih.com)
Hj. Sri Surya Widati

Suarapemilih.com, BANTUL-Pasangan nomor urut dua Sri Surya Widati-Misbakhul Munir yang kalah dalam pemiliaan kepala daerah tidak menghadiri acara penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada pilkada serentak 2015 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, Selasa (22/12/2015). Samapi berita ini diterbitkan, Ida tetap tak mengahadiri acara tersebut.

Pasangan nomor urut satu telah ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang, yang menetapkan Suharsono sebagai bupati terpilih dan Abdul Halim Muslih sebagai wakil bupatinya. Penetapan ini dilakukan setelah KPU menghitung jumlah suara hasil pilkada yang memenangkan Suharsono-Abdul Halim Muslih, yakni dengan perolehan suara sebanyak 261.412.

Penetapan juga dilaksanakan setelah batas waktu yang ditentukan, paslon nomor dua alias calon yang kalah tidak mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). KPU memberi waktu selama tiga hari setelah 16 Desember bagi paslon yang kalah untuk mengajukan gugatan sengketa Pilkada.

Keputusan KPU juga diperkuat dengan adanya surat MK ke KPU RI yang mengumumkan daftar daerah pelaksana Pilkada yang melakukan gugatan. Dalam surat MK itu tidak ada gugatan dari Bantul.

Penetapan calon terpilih hanya dihadiri Abdul Halim Muslih beserta partai pengusung calon nomur urut dua. Sedangkan bupati terpilih Suharsono tidak hadir. “Beliau sedang di Jakarta ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Aturannya meski pun tidak hadir tidak menganggu keputusan KPU,” ujar Abdul Halim Muslih.

Pasangan calon nomor urut dua Sri Surya Widati-Misbakhul Munir (Ida-Munir) yang kalah dalam Pilkada tidak ada satu pun hadir termasuk partai pengusung dan pendukungnya. Bangku yang disediakan KPU kosong hingga acara penetapan berakhir. Menurut Abdul Halim Muslih, ketidakhadiran kompetitornya itu sah saja. “Itu hak mereka,” kata dia.

Menurut Johan Komara, lembaganya telah menyampaikan undangan kepada paslon yang kalah untuk hadir di acara penetapan calon terpilih. Hingga Senin pagi, tim pemenangan paslon Sri Surya Widati-Misbakhul Munir mengonfirmasi ketidakhadiran keduanya.“Tidak tahu alasannya apa, tapi kalau tim nya itu bilang dia sedang di luar kota,” lanjut Johan Komara.

Setelah ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih, KPU langsung meneruskan surat ketetapan itu ke DPRD Bantul. Dewan selanjutnya akan mengirim surat tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui gubernur DIY. Selanjutnya pelantikan bupati dilakukan oleh gubernur.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: