Home / BERITA / Kasus Lahan Cengkareng, Ahok Selidiki Calon Wakilnya

Kasus Lahan Cengkareng, Ahok Selidiki Calon Wakilnya

Kasus Lahan Cengkareng, Ahok Selidiki Calon Wakilnya
Foto Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menyelidiki calon wakilnya Heru Budi Hartono di Pilgub DKI 2017 nanti setelah pengajuan sertifikat oleh Dinas Kelautan terhadap lahan di Cengkareng, Jakarta Barat, belum diproses Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Jumat (01/07/2016). Sampai berita ini diturunkan kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak-pihak berwajib.

Sebelumnya, Kepala BPKAD Heru Budi Hartono mengatakan bahwa pihak Dinas Kelautan belum pernah meminta lembaganya untuk mencatat aset di Cengkareng.

Pembelian tanah untuk pembangunan rumah susun di lahan seluas 4,6 hektare itu ketahuan bermasalah setelah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan pada audit anggaran 2015 yang dibuka awal Juni 2016. Pemerintah DKI, dalam hal ini Dinas Perumahan dan Gedung, membeli lahan itu dari Toeti Noezlar Soekarno, seharga Rp 668 miliar, pada November 2015. Padahal, lahan di sana sudah tercatat sebagai aset pemerintah daerah sejak 1967.

Saat itu, pemerintah tak segera membuat sertifikat hingga pengusaha D.L. Sitorus, pemilik PT Sabar Ganda, yang mengklaim lahan itu pada 2007. Sitorus dan pemerintah saling gugat di pengadilan hingga Mahkamah Agung memenangkan pemerintah DKI pada 2010. Kemudian, Dinas Kelautan memanfaatkannya sebagai lahan pembibitan tanaman.

Empat tahun kemudian, muncul Toeti Noezlar Soekarno yang mengaku memiliki sertifikat atas lahan itu. Menurut Ahok, suatu lahan yang tidak memiliki sertifikat kepemilikan atas nama pemerintah daerah DKI juga tercatat sebagai aset pemerintah.

Ahok menjelaskan, dalam undang-undang tanah, lahan yang sudah lama dikuasai pemerintah daerah dan pernah mengeluarkan duit Rp 300 ribu saja sudah tercatat sebagai aset milik pemerintah daerah. Adm

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: