Home / BERITA / Kerawanan Pemilu di Sragen Tertinggi di Jateng

Kerawanan Pemilu di Sragen Tertinggi di Jateng

Kabupaten Sragen
Kabupaten Sragen

Suarapemilih.com – Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tertinggi di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Sragen yang mencapai angka 2,86. Sementara IKP terendah ditempati Kabupaten Wonosobo yakni 1,26. Data tersebut menjadi bagian dari early warning system atau sistem peringatan dini di berbagai daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015.

Menurut data Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng, IKP yang relatif tinggi juga berada di Boyolali yaitu sebesar 2,68, Sukoharjo 2,61, Wonogiri 2,46, Klaten 2,13, dan Solo terhitung paling rendah di Soloraya, 1,9.

Dalam penentuan IKP tersebut berdasarkan lima indikator yaitu profesionalistas penyenggara pemilu, politik uang, pengawasan, partisipasi masyarakat, dan keamanan daerah.

Data itu tidak hanya untuk mengawasi pemilu tetapi juga digunakan oleh stakeholders lainnya seperti aparat kepolisian, TNI dan pemangku kepentingan lainnya.
“Beberapa daerah yang IKP-nya tinggi jadi perhatian khusus untuk monitoring dan supervisi,” kata Anggota Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo.

Sementara, Ketua Panwaslu Sragen, Slamet Basuki mengatakan persoalan profesionalitas penyelenggara pemilu itu berkaitan dengan kualitas daftar pemilih tetap (DPT), akses informasi, pasangan calon, politik uang, ujar Slamet, bisa berkaitan dengan angka kemiskinan, realisasi bantuan sosial, iklan pencitraan, dan laporan dana kampanye.

“Indikator itu hanya memotret Sragen. Ternyata indeks itu tertinggi di Jateng. Kami sempat ditanya soal berapa jumlah dana bansos, jumlah alat peraga kampanye [APK] yang bertebaran sebelum masa kampanye dan seterusnya,” tambah teguh.

Pilkada Sragen dinilai lebih harus diperhatikan termasuk netralitas PNS dan politisasi anggaran.(Pa/An)

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: