Home / BERITA / KPK: Paslon Lebih Banyak Hutang Dari Hartanya

KPK: Paslon Lebih Banyak Hutang Dari Hartanya

ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (suarapemilih.com)
ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) melakukan pemerikasaan kepada sejumlah pasangan calon kepala daerah, mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dilaporkan calon kepala daerah saat pilkada serentak Desember 2015 lalu hasilnya lebih banyak hutang, Selasa (5/01/2016). Sampai berita ini diterbitkan banyak calon yang hartanya justru minus.
Direktur Pencegahan KPK Pahala Naiggolan mengatakan bahwa ternyata lebih banyak hutang dibanding hartanya. “Hasilnya, dari LHKPN yang disampaikan ke KPK seturut dengan aturan KPU, hartanya minus. Alias hutang lebih banyak dari hartanya,” katanya.

Dia menduga, pasangan calaon hanya mendapat biaya sponsor tertentu. Kemudian uang untuk membayar sponsor diduga bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan ijin konsesi sumber daya alam setempat.

“Kalau minus gini repot nih jadi bupati, bisa-bisa kerjaannya cuma bayar hutang. Dan ini yang mau kita cari tahu adalah sumber uangnya, apakah mereka terima sumbangan dari sponsor atau bukan, ” terang Pahala.

Namun dia mengaku tidak mengingat dari daerah mana saja kandidat tersebut berasal.

Menemui hal tersebut, KPK tidak akan tinggal diam, pihaknya akan melakukan kajian ke berbagai daerah yang memiliki hasil alamnya baik tambang atau pun perkebunan.

Sumber daya alam tersebut menjadi celah bagi para kandidat untuk memperkaya diri dengan dalih mengeluarkan izin lahan.”Ternyata izin itu instrumen yang tidak ada di APBD. Biayanya, resminya berapa, itu kan nggak ada di APBD,” kata dia.

Selain itu, ia meminta Komisi Pemilihan Umum untuk tidak meloloskan kandidat yang laporan harta kekayaannya mencurigakan.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: