Home / BERITA / KPU : Banyak Pemohon Sengketa Pilkada yang Kalah

KPU : Banyak Pemohon Sengketa Pilkada yang Kalah

Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Malik (suarapemilih.com)
Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Malik (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com,Jakarta – Ketua KPU Husni Malik mengatakan dari hasil penilaian sementara banyak pemohon sengketa pilkada yang kalah karena tidak memenuhi klasifikasi Pasal 158 UU Pilkada 8/2015 tentang perselisihan, Jum’at (08/01/16). Sampai berita ini diturunkan, 2 daerah yang sudah di tetapkan gugur yakni Kabupaten Waropen dan Kabupaten Merauke.

Menurut Husni, sejauh ini banyak pemohon yang dalam pokok permohonnya lebih banyak menyoal tentang tahapan penyelenggaraan dan tidak sesuai aturan dan ketentuan sengketa Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Pasal 158 UU Pilkada 8/2015.
“Akibat dalil itu mereka bisa kalah. Kalau angka-angkanya tidak bisa mereka sebutkan, harusnya pemohonnya berapa, pihak terkaitnya berapa, pasangan lain berapa. Tidak bisa dideskripsikan oleh mereka,” ujarnya

Perkara gugatan yang tidak sesuai dengan Pasal 158 UU Pilkada 8/2015 itu antara lain menyoal tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT), kampanye hitam, laporan dana kampanye serta politik uang.
“Yang berhitung soal berapa seharusnya mereka mendapatkan suara dan berapa seharusnya pihak terkait mendapatkan suara, itu yang deskripsinya tidak bisa dibuat sejelas-jelasnya oleh pihak pemohon. Kami akan menjelaskan nanti dalam jawaban yang disampaikan pada persidangan berikutnya.” kata Husni. An

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: