Home / BERITA / KPU Malang Masih Tunggu Materi Gugatan Dari MK

KPU Malang Masih Tunggu Materi Gugatan Dari MK

KPU Kabupaten Malang (suarapemilih.com)
KPU Kabupaten Malang (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, MALANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang masih menunggu materi gugatan yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pasangan calon  Bupati dan Wakil Bupati sebab materi gugatan tersebut akan dilayangkan pada tanggal 3 sampai 4 januari 2016 mendatang, Rabu (30/12/2015). Sampai saat ini pihak KPU masih menunggu materi gugatan,

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang melayangkan gugatan ke MK adalah pasangan nomor urut 2 yang diusung dari PDIP yakni Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi.

“Materi gugatan itu baru akan turun tanggal 3 sampai 4 Januari 2016 mendatang, dan apabila gugatan tersebut berkaitan dengan selisih hasil suara yang diperoleh paslon Bupati/Wakil Bupati malang Nomor urut 1 , Rendra Kresna-M Sanusi dengan paslon nomor urut 2, Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi, tidak lebih 0,5 persen, maka kemungkinan bisa diterima MK,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Malang, Totok Hariono.

Jika berdasarkan hasil rekapitulasi yang diselenggarakan pada Rabu (16/12/2015) lalu, paslon Rendra-Sanusi memperoleh 605.817 suara, paslon Dewanti-Masrifah meraup 521.928 suara, sehingga selisihnya mencapai 83.889 suara. Sementara untuk paslon nomor urut 3, Nurcholis-Muhammad Mufidz, memperoleh  45.723 suara.

Selain belum mendapatkan materi gugatan dari KPU Republik Indonesia (RI), pihaknya juga belum mendapatkan materi gugatan dari pemohon yakni paslon Nomor Urut 2. Sehingga untuk menanggapi gugatan tersebut, pihaknya menunggu materi gugatan.

Totok menegaskan, KPU dalam melaksanakan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Malang sudah menjalankan amanat Undang-Undang (UU) Pemilu atau sudah melalui proses yang benar. Dikatakan, KPU sangat menghormati paslon nomor urut 2 yang telah melakukan gugatan ke MK karena merasa tidak puas dengan hasil perolehan suara di Pemilukada Kabupaten Malang.  “Sehingga gugatan itu diterima atau tidak diterima menjadi kewenangan MK. Apapun keputusan MK, KPU Kabupaten Malang akan tunduk,” jelasnya.

Ia juga menambahkan jika hasil rekapitulasi suara Pemilukada Kabupaten Malang tidak ada gugatan, sedianya penetapan paslon Bupati Malang terpilih dilakukan pada 21-22 Desember 2015 lalu, tetapi karena ada gugatan, penetapan paslon terpilih dijadwalkan pada 12 Februari-13 Maret 2016.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: