Home / BERITA / KPU : Perantau Harus Pulang

KPU : Perantau Harus Pulang

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (suarapemilih)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com,Sukoharjo –Selasa (3/11/2015) KPU Provinsi Jawa Tengah meminta para perantau untuk pulang menggunakan hak pilihnya pada saat pilkada 9 Desember mendatang. Pilkada kali ini KPU tidak bisa memfasilitasi penggunaan hak pilih jarak jauh karena regulasinya tidak memungkinkan. Sampai berita ini di turunkan tercatat di daerah Jawa Tengah sekitar 25% dari sekitar 15 juta pemilih berada di perantauan.

Masalah pekerjaan dan menempuh pendidikan adalah alasan paling dominan mengapa para perantau tidak berada di wilayahnya sendiri. Saat ini KPU tidak bisa memfasilitasi penggunaan hak pilih jarak jauh karena regulasinya tak memungkinkan.

Oleh karena itu, KPU Jateng berupaya menjalin kerjasama dengan sejumlah tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman pada perantau agar bisa pulang sehingga regenerasi di masing-masing kabupaten/kota berjalan dengan mekanisme yang benar.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan mungkin untuk tahun depan bisa dengan pemilihan secara online, meski di akuinya tidak sepenuhnya berhasil.

“Tujuan kita adalah untuk membangun infrastruktur politik di daerah dalam rangka mendukung desentralisasi pemerintah daerah,selain itu juga untuk regenerasi sehingga partisipasi masyarakat dalam pilkada ini sangat penting.” imbuhya.An

About cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: