Home / BERITA / KPU Siap Gelar Pilkada Susulan Januari

KPU Siap Gelar Pilkada Susulan Januari

Ketua KPU Husni Kamil Manik (suarapemilih.com)
Ketua KPU Husni Kamil Manik (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA-Logistik pilkada susulan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kabupaten Fakfak, Papua Barat sudah siap semua, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik yakin pilkada susualan akan dilaksanakan bulan Januari 2016, Jumat (15/01/2016). Smapai saat ini logistik pilkada sudah siap.

Meski pilkada susulan tersebut dilaksanakan bulan Januari ini, namun pelaksanaan kedua daerah tersebut tidak sama lantaran cakupan wilayah unutk pendistribusian logistik yang berbeda. Kabupaten Fakfak akan melaksanakan pilkada susulan Sabtu 16 Januari 2016, sedangkan Provinsi Kalimantan Tangah dilaksanakan Rabu 27 Januari 2016.

“Jadi Fakfak tinggal jalan saja, semua kelengkapan sudah siap. Misalkan ada yang rusak juga tidak terlalu penting, sifatnya kan hanya Kbupaten. kalau pelaksanaan pilkdada di Kalteng sedikit mundur dari perkiraan, sebab pendistribusian dan sosialisasinya memrlukan waktu yang lebih lama, serta lingkup wilayah yang lebih luasa juga sempat mengalami kendala anggaran untuk pelaksanaan pilkada susulan,” ujar Husni.

Dia menuturkan, kendala anggaran di Kalteng sudah berangsur terurai pascapertemuan KPU dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Anggaran yang dibutuhkan mencapai sekitar Rp 32 miliar itu sudah tersedia.

“Bawaslu Rp 10 miliar, polisi Rp 6 miliar, TNI dan kejaksaan juga ada, total disediakan Rp 32 miliar, NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah)nya juga sudah ditandatangani,” ucap Husni.

Sementara, pelaksanaan pemungutan suara yang tidak jatuh pada hari libur, kata Husni, sudah disepakati oleh pemerintah setempat untuk diliburkan di masing-masing tanggal pelaksanaan pilkada susulan.

“Kewenangannya provinsi dan itu sudah saya ingatkan pada kesempatan kemarin agar gubernur meliburkan. Untuk Fakfak tadi saya baca juga tembusan peliburan itu sudah ada,” kata Husni.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: