Home / BERITA / KPU Siap Hadapi Sengketa Pilkada di MK

KPU Siap Hadapi Sengketa Pilkada di MK

Foto Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik (suarapemilih.com)
Foto Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menghadapi sengketa perselisihan hasil pilkada serentak 9 Desember lalu setelah KPU telah menyiapkan segala sesuatunya, Kamis (31/12/2015). Sampai berita ini diturunkan sejumlah 147 perkara sengketa pilkada telah berada di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik mengatakan bahwa pihaknya sudah siap jika nantinya waktu persidangan tidak jadi 60 hari atau cuma 45 hari. Masalah waktu sepenuhnya wewenang MK, terlebih MK telah menyanggupi untuk memberikan proritas terhadap sengketa perselisihan hasil pemilihan, mengingat adanya pelantikan serentak oleh Kemendagri.

Husni mengungkapkan pihaknya telah melakukan simulasi di MK, jika ada 300 perkara sengketa yang masuk. Jika saat ini hanya mencapai 147 perkara yang akan disidangkan pada 7 Januari 2015, maka pihaknya yakin, tahapan pelantikan kepala daerah terpilih tidak akan terganggu.

Ia menambahkan bahwa tahapan yang sama juga akan diterapkan terhadap lima daerah yang tertunda atau melaksanakan pilkada serentak menyusul. Pasangan calon di lima daerah tersebut dapat melayangkan gugatannya ke MK jika dirasa memang memenuhi persyaratan sengketa hasil pilkada.
“Iya bisa-bisa saja. KPU daerah akan mengubah SK jadwalnya saja, prinsip untuk menggugat akan tetap dilayani oleh MK, sepanjang itu memenuhi persyaratan,” ujar Husni. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

pilkada serentak,suarapemilih.com

Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi

Suarapemilih.com,-Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: