Home / BERITA / KPU Sragen Musnahkan Sisa Surat Suara

KPU Sragen Musnahkan Sisa Surat Suara

bakar surat suara
Surat suara yang rusak dimusnahkan KPU Sragen, Senin (16/11/2015) (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, SRAGEN-Usai penyortiran surat suara, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen lakukan pemusnahan surat suara yang rusak dengan cara dibakar, Senin (16/11/2015). Sampai berita ini diterbitkan pihak KPU Sragen masih membakar sisa penyortiran surat suara.

Pemusnahan dengan cara dibakar itu dilakukan di halaman KPU setempat,  yang disaksikan oleh perwakilan dari keempat tim sukses pasang calon kepala daerah, Panitia Pengawas (Panwas) pilkada 2015, Polres Sragen, dan Kelima Komisioner KPU Sragen.

“Selain rusak atau cacat, ada pula surat suara yang rusak saat di sortir dan pelipatan. Ada pula sisa surat suara yang cetakannya baik tetapi tetap dimusnahkan,” ujar Ketua KPU Sragen, Ngatmin Abbas.

Abbas menjelaskan, ada 8.828 lembar surat suara sisa produksi yang sebenarya bagus tapi ikut dimusnahkan, lalu 1.802 lembar surat suara rusak sisa produksi dan 2.482 lembar surat suara rusak hasil sortir. Dia sudah memastikan surat suara yang bakal digunakan saat coblosan Pilbup pada Rabu 9 Desember mendatang sudah cukup dan sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) nomor 6 tahun 2015, agar surat suara sisa cetak dan sortir harus dimusnahkan. Selanjutnya surat yang ada bakal didistribusi ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPU) yang tersebar di 208 desa dan kelurahan di 20 Kecamatan di sragen.

Surat suara yang dibutuhkan Pilbup 2015 di Sragen sebanyak 798.704 lembar dan 2000 surat suara pemungutan suara ulang. Surat suara ini dicetak dari rekaan Klaten. Pemusnahan itu dilakukan sehingga semua surat suara yang benar-benar rusak hangus terbakar.

Pemusnahan itu dilakukan selain surat suara yang dibutuhkan sudah mencukupi, juga sebagai antisipasi agar tidak ada yang disalahgunakan. “Kalau pun ada, itu berarti juga bukan dari KPU,” tandas Abbas.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: