Home / BERITA / KSTJ Warga Aquarium Minta Rizal Ramli Maju Dipilgub DKI

KSTJ Warga Aquarium Minta Rizal Ramli Maju Dipilgub DKI

KSTJ Minta Rizal Ramli Maju Dipilgub DKI(suarapemilih.com)
Suarapemilih.com, JAKARTA-Dinilai mampu menyelesaikan konflik terkait reklamasi di teluk Jakarta, sejumlah nelayan yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta (KSTJ) ini meminta mantan Menko Maritim Rizal Ramli untuk maju di Pilkada Jakarta dan memenangkannya, Jumat (5/8/2016). Hingga kini belum ada pernytaan resmi dari Rizal terkait keinginan warga yang mengharapkan dirinya maju di pilgub DKI.

Terbukti, sekitar 10 orang perwakilan warga tersebut mendatangi kediaman Rizal di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan. Tak sia-sia, kedatangannya di sambut dan diterima dengan baik.

“Beliau sudah tidak punya kewenangan lagi, tetapi beliau punya power untuk menggerakkan opini publik. Misalnya, seperti apa yang dilakukan (Presiden) SBY mengenai tindakan apa sih yang tepat yang perlu dilakukan terkait reklamasi,” kata anggota KSTJ dari Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), Rayhan Dudayef, kepada citraindonesia.com di Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Langkah Presiden Jokowi mengganti Rizal dengan Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan menimbulkan simpati dan keprihatinan banyak kalangan yang merasa dibela olehnya, termasuk warga nelayan dari Kampung Aquarium, Panjaringan, Jakarta Utara, yang digusur Gubernur Ahok pada April 2016.

Rizal kemudian mengajak warga bicara panjang lebar tentang penggusuran yang mereka alami, dan masalah yang kemudian muncul setelah itu.

“Ini dzolim,” kata Rizal setelah tahu kalau warga yang digusur tidak diberi ganti rugi, dan saat penggusuran Ahok mengerahkan ribuan polisi, tentara dan Satpol PP.

“Intimidasi yang nggak benar,” imbuhnya.

Seorang warga bernama Tedy kemudian mengajukan suatu permintaan kepada Rizal karena ingin permasalahan mereka, juga permasalahan warga miskin dan nelayan lain di Jakarta, dapat diselesaikan dengan baik.

“Bapak maju (sebagai) gubernur (di Pilkada DKI 2017), ya?” katanya.

Rizal sempat terkejut mendengar permintaan itu, dan kemudian tertawa. “Insya Allah ada jalan ya buat bapak ibu semua,” kata mantan tokoh pergerakan itu setelah mendengar aspirasi warga.

Selain menyatakan dukungan untuk maju di Pilkada, warga juga mengundang tokoh yang dijuluki “Raja Kepret” itu untuk hadir dalam gelaran nonton bareng atau nobar tentang penggusuran yang mereka alami. Film yang telah disiapkan diberi judul “Rayuan Pulau Palsu”

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: