Home / BERITA / Lima Alasan Kalahkan Ahok

Lima Alasan Kalahkan Ahok

Lima Alasan Kalahkan Ahok
Foto Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Lingkaran Survey Indonesia, Denny JA mengungkapkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa dikalahkan dengan beberapa alasan setelah LSI telah melakukan riset, Sabtu (02/04/2016). Sampai berita ini diturunkan terdapat lima alasan yang dapat mengalahkan Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2017.

LSI yang melakukan riset pada bulan Maret 2016, menyatakan banyak data yang belum diungkap lembaga survey lain yang sebenarnya bisa memberikan gambaran utuh. “Ahok memang kuat, tapi di atas 70 persen publik merasa Ahok bisa dikalahkan,” ucap Denny. Berikut lima alasan Denny JA :

1. Banyak contoh opini publik berbalik dalam waktu 10 bulan. Waktu 10 bulan adalah waktu yang panjang untuk perubahan dukungan, contohnya:
a). Pada pilkada DKI 2012, H-10 bulan, hasil survey menempatkan Fauzi Bowo di atas 50 persen, sedangkan Jokowi di bawah 10 persen. Hasil akhir: Jokowi justru menang.
b). Pilkada Jateng 2013, H- 10 bulan, Bibit Waluyo di atas 50 persen, Ganjar Pranowo  di bawah 10 persen. Hasil akhir: Ganjar Pranowo justru menang
c). Pilpres 2004, H- 10 bulan, Megawati di atas 50 persen,  SBY di bawah 10 persen. Hasil akhir  SBY justru menang.

2. Lebih dari 40 persen Muslim Jakarta tak bersedia dipimpin non-muslim. Perjuangan anti Ahok dalam 10 bulan ke depan menjadi kuat karena motif keagamaan.

3) Partai besar tak ingin Ahok menang jika Ahok menggunakan jalur independen. Yang mereka khawatirkan bukan Ahok di DKI, tapi meluasnya eforia calon independen di daerah lain. Ini membahayakan eksistensi partai dalam pilkada.

4. Lebih dari 40 persen pemilih tak suka karakter Ahok. Mereka suka ketegasan Ahok. Namun pernyataan kasarnya di depan publik tak disukai. Misalnya ketika ia menghardik seorang ibu dengan pernyataan “Ibu Maling” yang beredar luas.

5. Lebih dari 40 persen pemilih tak suka kebijakan publik Ahok yang terkesan tebang pilih. Tegas dan keras terhadap rakyat kecil dalam kasus penggusuran. Namun lemah terhadap para Taipan dalam kasus reklamasi pantai, yang dianggap merusak lingkungan dan potensial menenggelamkan beberapa pula kecil.

Denny menambahkan, dengan lima alasan itu Ahok masih mungkin dikalahkan. Namun tentu saja, Ahok juga masih mungkin menang. Ini tergantung apa yang terjadi dalam ruang publik Jakarta 10 bulan ke depan. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: