Home / BERITA / Masalah kabut asap tak pernah masuk dalam visi misi calon Kada

Masalah kabut asap tak pernah masuk dalam visi misi calon Kada

Kabut asap tak pernah jadi prioritas dalam visi misi Pilkada/suarapemilih.com
Kabut asap tak pernah jadi prioritas dalam visi misi Pilkada/suarapemilih.com

Suarapemilih.com – Pengamat Politik Nico Harjanto menanggapi masalah kabut asap yang tidak kunjung selesai dalam 18 tahun terakhir harus bisa menjadi pembelajaran bagi para calon kada.Pasalnya, sejak Pilkada Serentak digelar, tidak ada satupun pemimpin yang menjadikan bencana kabut asap ini sebagai isu sentral yang diangkat dalam visi dan misi utnuk bertarung dalam Pilkada.

“Kita lihat sejak ada pilkada langsung, rakyat seakan-akan lupa mereka setiap tahun mengalami masalah asap. Asap tidak jadi bahan kampanye atau isu kampanye yang prioritas. Saya dengar waktu kampanye kebanyakan kepala daerah, isunya seputar struktural seperti pendidikan dan kesehatan. Sebenarnya isu struktural disumbang dari masalah asap,” katanya, beberapa waktu lalu.

Menurut Nico, banyak kepala daerah yang biaya kampanyenya justru di back up oleh perusahaan yang terlibat pembakaran hutan dan lahan. Hal inilah salah satu penyebab mengapa persoalan ini tidak kunjung selesai.

“Mudah-mudahan biaya mereka di Pilkada serentak tahun ini tidak dari perusahan tambang dan perkebunan. Semoga pengalaman buruk ini bisa memutus mata rantai dari sisi supply kepemimpinan daerah. Kalau supply kepemimpinan di daerah bisa bebas dari korporasi pembakar hutan, visi kepemimpinan daerah dengan nasional bisa selaras sehingga bisa lebih sistematis untuk menyelesaikan masalah ini,” tandas dia.(Pa/An)

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: