Home / BERITA / Mendagri Usul Revisi UU Pilkada dan Partai Politik

Mendagri Usul Revisi UU Pilkada dan Partai Politik

Mendagri Usul Revisi UU Pilkada dan Partai Politik
Foto Mendagri Tjahjo Kumolo (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Jajaran Menteri Dalam Negeri telah menggaris bawahi Sembilan UU Pilkada setelah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan mengusulkan Revisi UU Pilkada dan partai politik, Selasa (19/01/2016). Sampai berita ini diturunkan Menteri Dalam Negeri tetap melanjutkan hal tersebut.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan Sembilan putusan yang telah digaris bawahi ialah seperti putusan Mahkamah Konstitusi. Putusan yang dimaksud adalah adanya kewajiban bagi anggota dewan, pegawai negeri sipil untuk mengundurkan diri terlebih dahulu apabila ditetapkan menjadi calon kepala dan wakil kepala daerah.

Kemudian, terkait dengan mantan nara pidana yang boelh maju. Masalah calon tunggal juga termasuk. Selain itu, dia juga mengamati soal pendanaan Pilkada. Menurutnya, perlu dikaji lebih lanjut apakah anggaran akan lebih dibebankan ke daerah atau diringankan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Persyaratan dukungan partai politik juga menjadi hal yang sekiranya akan direvisi. Dia menilai persyaratan dukungan parpol perlu diperketat untuk mengantisipasi adanya calon tunggal. Hal keempat adalah perlunya diperjelas konsep petahana.

Menurut Tjahjo, Penetapan waktu Pilkada dan ketentuan dasar waktu pelantikan juga menjadi poin akan direvisi. Sebab, agar tidak ada lagi penundaan dalam proses Pilkada. penyederhanaan proses sengketa pencalonan juga diperlukan.

Prosedur pengisian kekosongan jabatan kepala daerah pun disoroti. Kemudian, sosialisasi partisipasi pemilih. Hal tersebut perlu direvisi dengan melihat Pilkada 9 Desember 2015 lalu. Menurutnya, meski ditetapkan sebaai hari libur nasional, tingkat partisipasi di daerah masih beragam.

Tjahjo yakin naskah akademik revisi UU Pilkada dapat diselesaikan pada Agustus mendatang. Ia juga akan merevisi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: