Home / BERITA / Partisipasi Pilkada Tak Sesuai Target

Partisipasi Pilkada Tak Sesuai Target

Ketua KPU Joko Purnomo(suarapemilih.com)
Ketua KPU Joko Purnomo (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, SEMARANG-Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah telah mentargetkan angka partisipasi masyarakat pada pilkada serentak 9 Desember 2015 sebesar 77,55 %, namun pihak KPU Jateng mengakui tingkat partisipasi pilkada masyarakat pada pilkada serentak di 21 Kabupaten/kota tidak sampai 77,5 %, Senin (14/12/2015). Sampai berita ini diturunkan jumlah partisipasi masyarakat belum maksimal.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan , bahwa perkiraan angka partisipasi masyarakat pilkada serentak di 21 Kabupaten/kota paling banter 70 %.

Menurutnya, rendahnya  angka partisipasi masyarakat sebab banyak masyarakat yang bekerja di luar daerah, tidak pulang ke daerah masing-masing saat hari pencoblosan kepala daerah.

Joko menambahkan meski angka partisipasi tidak mencapai target 77,5%, tetapi secara kualitas pelaksanaan pilkada serentak 2015 mengalami peningkatan. Di mana masyarakat tidak lagi tergoda dengan praktik money politics untuk memilih calon tertentu. Bahkan bila mendapatkan uang dikembalikan atau dilaporkan ke penyelenggara pilkada.

”Masyarakat berani menolak politik uang. Ini sangat menggemberikan,” tandas mantan Ketua KPU Wonogiri ini. Mengenai tahapan proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pilkada serentak, Joko menyebutkan rekapitulasi di tingkat panitia pemungutan kecamatan (PPK) 10-16 Desember.
”Sedangkan rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten/kota pada 17-19 Desember mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Badan Pengawas Pemilahan Umum (Bawaslu) Jateng Teguh Purnomo menyatakan rendahnya tingkat partisipasi karena pendataan pemilih yang buruk. ”Pantauan di beberapa TPS tingkat kehadiran masyarakat rata-rata sekitar 60 persen sampai 70 persen,” ujar dia.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: