Home / BERITA / Paslon Bagi Hadiah, Jadi Kampanye Terselubung

Paslon Bagi Hadiah, Jadi Kampanye Terselubung

ilustrasi Pilkada 2015
ilustrasi Pilkada 2015 (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, BANTUL – Panwaslu Bantul menyelidiki adanya dugaan kampanye terselubung dan politik uang yang dilakukan oleh para paslon Kabupaten Bantul setelah ditemukan disalah satu even olahraga paslon menyedot ribuan orang disertai memberikan hadiah jutaan rupiah, Kamis (3/12/2015). Sampai berita ini diturunkan kasus tersebut masih dalam penyelidikan.

Anggota Panwaslu Bantul Divisi Penanganan Pelanggaran Harlina mengakui pihaknya kini tengah mengkaji apakah ada indikasi pelanggaran regulasi Pilkada maupun pidana Pemilu dalam kasus tersebut.

Pihaknya mengatakan dugaan kampanye terselubung serta money politik dapat dijerat dengan pasal dalam Undang-undang Pilkada serta KUHP. Pihak Panwaslu akan lebih leluasa bila menggunakan KUHP, sebab waktu penanganannya tidak dibatasi.

Sesuai prosedur, Panwaslu mengajukan kasus dugaan pidana Pemilu tersebut ke forum sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) apabila ditemukan indikasi pelanggaran. Harlina mengklaim, Panwaslu sejauh ini telah membawa sejumlah kasus dugaan pidana Pemilu, meski kemudian digagalkan oleh kepolisian.

Peneliti JPPR Lilik Raharjo mendesak Panwaslu mengawasi dugaan politik uang tersebut. JPPR juga menemukan adanya bagi-bagi hadiah bernilai jutaan rupiah yang dilakukan para paslon melalui acara jalan sehat dan senam sehat serta turnamen olahraga. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: