Home / BERITA / Pelanggaran Jadi Mayoritas Gugatan Pilkada

Pelanggaran Jadi Mayoritas Gugatan Pilkada

Foto Ketua KPU Husni Kamil Manik dan Komisioner KPU Ida Budhiati. (suarapemilih.com)
Foto Ketua KPU Husni Kamil Manik dan Komisioner KPU Ida Budhiati. (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Sebagian besar materi gugatan tidak mempersoalkan hasil perhitungan suara melainkan lebih pada soal dugaan pelanggaran setelah ratusan gugatan perselisihan hasil pilkada serentak 2015 mulai teridentifikasi, Kamis (07/01/2016). Sampai berita ini diturunkan persoalan ada yang menyangkut tahapan dan non-tahapan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Malik mengungkapkan terungkapnya sebagian besar materi gugatan itu didasari hasil identifikasi dan analisis tim KPU terhadap salinan dokumen permohonan gugatan yang telah didaftarkan pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Husni melanjutkan, jika dikaitkan masalah tahapan, terdapat gugatan yang memersoalkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pencalonan, dan kampanye. Sedangkan, untuk non-tahapan terkait dengan praktik politik uang. Namun, hasil identifikasi dan analisis juga menunjukkan adanya isu gugatan terkait batas selisih suara sebagaimana tercantum dalam Pasal 158 U U No 8 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Komisioner KPU Ida Budhiati mengatakan, materi gugatan yang mempersoalkan sejumlah isu terkait tahapan dan non-tahapan pilkada mencapai 90 persen. Hal tersebut terkait dengan dugaan pelanggaran pada tahapan pemilihan dan teknis penyelenggaraan, termasuk indikasi pelanggaran lain yang terjadi secara terstruktur, sistematis, dan masif.

Ida menegaskan, KPU akan menyikapi serius dan mengantisipasi dengan mengarahkan KPUD yang digugat ke MK memetakan permasalahan secara menyeluruh. KPU menyiapkan segala sesuatu seoptimal mungkin menyangkut keterangan, jawaban, maupun alat bukti yang tidak hanya terpaku pada selisih hasil pilkada. KPU juga siap menerima apa pun putusan MK soal gugatan yang nantinya dinilai memenuhi persyaratan untuk disidangkan. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: