Home / BERITA / Pemohon Ngeyel, Ketua MK Kesal

Pemohon Ngeyel, Ketua MK Kesal

Pemohon Ngeyel, Ketua MK Kesal
Foto Ketua Mahkamah Konstitusi (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat, kesal kepada kuasa hukum pemohon setelah pemohon bersikukuh mempermasalahkan berbagai dugaan kecurangan penyelenggaraan Pilkada 9 Desember 2015 lalu ke MK, Senin (11/01/2016). Sampai berita ini diturunkan belum diketahui permasalahan tersebut telah final atau belum.

“Harusnya kuasa hukum itu tahu aturannya. Kemarin tahu kan yang masih ditunda pemilihannya?” kata Arief.

Ketua MK membeberkan bahwa untuk masalah penetapan calon seharusnya dibawa ke PTUN hingga kasasi di MA. Lalu, soal kecurangan money politic ke panitia pengawas atau Bawaslu, dan perkara penyelenggaraan pemilu ke DKPP. “Jadi jangan dibawa ke sini (MK),” ujar Arief.

Usai Arief menyampaikan penjelasan tersebut, kuasa hukum pemohon justru menuding bahwa hakim berasumsi. Alasannya, sampai saat ini belum ada bentuk penyelesaian masalah Pilkada yang ditangani oleh Bawaslu maupun DKPP.

“Ini saya sudah mulai lapar ini. Kalau tidak lapar malah tidak bisa sabar saya ini. Baik, langsung saja masalah perolehan suaranya,”‎ tegas Arief.

Menanggapai hal tersebut, tim kuasa hukum pemohon antara lain Herawan Utoro, Agus Hendri, Agus Setiawan,‎ langsung mengikuti perintah Ketua Hakim.

MK sejatinya hanya memiliki kewenangan untuk menyelesaikan masalah sengketa hasil Pilkada. Masalah pilkada juga bisa menjadi masalah pidana seperti apabila ada penipuan, pemalsuan surat atau pembakaran, sengketa PTUN seperti keabsahan surat keputusan hingga masalah etik penyelenggaran pemilu yang diselesaikan oleh DKPP. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

pilkada serentak,suarapemilih.com

Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi

Suarapemilih.com,-Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: