Home / BERITA / Penertiban APK di Sragen gagal dilaksanankan

Penertiban APK di Sragen gagal dilaksanankan

rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi soal Pasal 72 PKPU No. 7/2015
Rapat koordinasi menyamakan persepsi Pasal 72 PKPU No. 7/2015

Suarapemilih.com – Tiga anggota Panwaslu Sragen memboikot penertiban APK karena belum ada kesepahaman tentang Pasl 72 Peraturan KPU (PKPU) No. 7/2015. Penertiban alat peraga kampanye (APK) ditingkat kabupaten oleh tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Sragen tersebut gagal digelar pada Kamis (3/9/2015) lalu.

Ada dua hal yang harus dilakukan KPU ketika tejadi pelanggaran atas larangan pemasangan APK yaitu memberi peringata tertulis dan memerintahkan penurunan APK dalam waktu 1 X 24 jam kepada tim kampanye pasangan calon sebagai mana yang tertuang dalam Pasal 27 ayat (1) PKPU No. 7/1015, penertiban itu menjadi domain KPU.

Tak ada satupun anggota Panwaslu yang datang ke kantor Satpol PP, padahal wakil KPU sudah hadir. Penertiban dilaksanan pada Kamis pukul 09.00 WIB. 16 petugas Satpol PP suadah siap di kantor. Beberapa kali anggota Panwaslu mendapat telepon dari Satpol PP untuk membahas persoalan yang tercantum di Pasal 72 PKPU itu.

Kepala Satpol PP Sragen Dwi Sigit Kartanto bersama Kasi Penegakan Perda Satpol PP Sragen Indon Baroto , mendatangi Kantor Panwaslu dan dengan tiga anggota Panwaslu menyamakan persepsi soal pasal 72 selama satu tahun.

“Peringatan tertulis dan perintah penurunan itu mestinya dilakukan KPU setelah menetapkan pasangan calon. Berdasarkan pasal yang sama, Panwaslu hanya berwenang berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan APK. Jadi tanpa rekomendasi pun, Satpol PP bisa menertibkan semua APK pasangan calon kecuali APK buatan KPU,” kata Slamet, Kamis (3/9/2015) siang.(Mj/Pa/Jn)

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: