Home / BERITA / Perselisihan Hasil Pilkada Sangatlah Penting

Perselisihan Hasil Pilkada Sangatlah Penting

Peneliti Perludem Fadli Ramadhan (suarapemilih.com)
Peneliti Perludem Fadli Ramadhan (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA-Perkumpulan Untuk Pemilu  dan Demokrasi (Perludem) menilai proses perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) sangatlah penting dari tahapan pelaksanaan pilkada, sebab tujuan dari pilkada adalah mengokohkan kedaulatan rakyat dalam memilih sehingga proses tersebut tidak boleh dipisahkan, Minggu (3/01/2016). Sampai saat ini masih terjadi beberapa kali pergeseran paradigma penyelesaian perselisihan.

Peneliti Perludem, Fadli Ramadhanil menguak jika proses perselisihan hasil di MK, memang terjadi beberapa kali pergeseran paradigma penyelesaian perselisihan.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan  pelaksanaan pilkada secara langsung adalah mengokohkan kedaulatan rakyat dalam memilih dan menentukan sendiri pemimpin daerahnya. Dan sekali lagi, proses di Mahkamah Konstitusi (MK) masuk ke dalam bagian itu, jelas Fadli di kantornya kawasan kebayoran, Jakarta Selatan.

Pergeseran tersebut memuncak dalam dua hal, pertama MK hanya akan mengadili persoalan ketetapan angka hasil perolehan suara calon saja. Kedua, MK bergeser ke paradigma yang lebih substansif yakni melihat proses pelaksanaan pilkada secara keseluruhan, sehingga mendapatkan hasil perolehan suara yang ditetapkan KPU.

Seperti saat proses penyelesaian pilkada terakhir pada tahun 2012, MK masih berpijak pada proses pemerilksaan perkara yang lebih substansif, yakni melihat apakan proses peraturan perundang-undangan  yang ada, serta prinsip-prinsip pemilihan yang jujur dan adil.

“Konsekuensi dari gaya  pemeriksaan yang demikian pun melahirkan beberapa isi amar putusan MK, yang antara lain penghitungan suara ulang, pemungutan suara ulang, pemilihan kepala daerah ulang, dan bahkan diskualifikasi calon sampai penetapan kepala daerah terpilih,” katanya.

“Penanganan sengketa pilkada di MK lewat permohonan yang masuk, seharusnya jangan dilihat hanya dari ketepatan angka-angka saja,” imbuh Fadli.

“Tapi jauh lebih dari itu MK semestinya bisa melihat gimana proses pilkada secara keseluruhan. Dan menguji proses itu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada, prinsip pemilu yang ada karena panggung terakhir hanya di MK,” pungkasnya.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

pilkada serentak,suarapemilih.com

Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi

Suarapemilih.com,-Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: