Home / BERITA / Pilkada 2017 Punya Dua Opsi Tanggal Pelaksanaan

Pilkada 2017 Punya Dua Opsi Tanggal Pelaksanaan

Pilkada 2017 Punya Dua Opsi Tanggal Pelaksanaan
Foto Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan dua opsi tanggal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2017 setelah pilkada 2017 akan dilaksanakan pada bulan Februari 2017 semakin dekat, Sabtu (23/01/2016). Sampai berita ini diturunkan belum ditentukan tanggal pasti pelaksanaan Pilkada 2017.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan pihak KPU telah membuat dua opsi, yaitu tanggal 8 Februari dan 15 Februari 2017. Selain menetapkan tanggal pelaksanaan, pihak KPU juga tengah menyiapkan rancangan tahapan, jadwal dan program.

Ferry juga mengungkapkan informasi kesepakatan antara pemerintah dan DPR RI dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota terkait jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung dan serentak terbagi menjadi tujuh.

Awalnya, Pilkada telah dijadwalkan tiga gelombang. Yaitu, pada 2015 dan 2018 untuk kepala daerah yang habis masa jabatannya pada kurun waktu itu, untuk kemudian melakukan pilkada nasional serentak pada 2020.

Namun, kesepakatan itu bertambah menjadi tujuh gelombang, yakni Pilkada serentak gelombang pertama pada Desember 2015 lalu, Pilkada serentak gelombang kedua akan dilaksanakan pada Februari 2017, Pilkada serentak gelombang ketiga akan dilaksanakan pada Juni 2018, Pilkada serentak gelombang keempat akan dilaksanakan pada 2020, Pilkada serentak gelombang kelima akan dilaksanakan pada 2022, Pilkada serentak gelobang keenam akan dilaksanakan pada 2023 dan yang terakhir dilakukan pilkada serentak secara nasional pada 2027.

Jadi mulai 2027, pilkada dilakukan secara serentak di seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia, untuk seterusnya dilakukan kembali tiap lima tahun sekali. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: