Home / BERITA / Pilkada Amburadul, Paslon Ternate Lapor ke MK

Pilkada Amburadul, Paslon Ternate Lapor ke MK

Ilustrasi  pilkada Amburadul diikuti anak-anak (suarapemilih.com)
Ilustrasi pilkada Amburadul diikuti anak-anak (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA-Pasangan calon kepala daerah Ternate Sidik Seno Siokona-Djasman Abubakar menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) lantaran menilai pelaksanaan pesta demokrasi dikotanya terdaapat benyak kecurangan dan amburadul, Selasa (12/01/2016). Sampai berita ini diterbitkan, pasangan tersebut telah melaporkan kejadian itu.

Setelah ditemukan banyak kecurangan termasuk melibatkan anak dibawah unur, Kuasa Hukum Sidik-Djasmin, Aries Surya mangatakan bahwa pihaknya memohon agar KPUD menyelenggarakan pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kotanya. Akhirnya pilkada Kota Ternate, Maluku Utara disengketakan di  MK.

“Berdasarkan laporan sejumlah skasi mandat yang ditempatka di beberapa TPS yang tersebar di 7 Kecamatan di Kota Ternate. Mereka datang dengan menggunakan formulir C6 milik orang lain. Kami menemukan banyak pemilih di bawah umur yang datang ke TPS, Saksi sebenarnya sudah mengajukan keberatannyanamun pemiliu tersebut tetap boleh memberikan pilihannya,” ujar Aries saat mengikuti sidang Pendahuluan di Jakarta.

Menurutnya, tak hanya itu saja, daftar pemilih tetap (DPT) di kota tersebut juga dianggap amburadul. KPUD dinilai tidak transparan dalam mendata ‎DPT di Ternate.memiliki bukti kuat untuk menunjukkan adanya kecurangan pada pelaksanaan pilkada ‎di Kota Ternate. Setidaknya ada 6 kecamatan yang dianggap telah melakukan pelanggaran. Sehingga, pihaknya meminta KPUD melaksanakan PSU di 6 kecamatan tersebut.

“Ada 6 kecamatan, nanti di pembuktian akan kami tunjukkan. Intinya kami minta PSU di 6 kecamatan itu lantaran ada kecurangan yang sangat signifikan,” ‎tandas dia.

‎Pilkada Kota Ternate diikuti 4 pasangan calon (paslon). Paslon nomor urut 1 yakni ‎Sudjud-Arifin, nomor urut 2 Burhan-Abdullah, nomor urut 3 Sidik-Djasman, dan nomor urut 4 Rachman-Anwar.

Berdasarkan hasil hitung cepat KPUD, Pilkada Kota Ternate diungguli paslon Burhan-Abdullah. Pasangan petahana itu memperoleh suara 33.142 atau 40 persen. Sedangkan paslon Sidik-Djasman menempati peringkat kedua dengan 28.057 suara atau 33 persen.

Sedangkan pasangan calon Sudjud-Arifin memperoleh suara sebanyak 20.907 atau sebesar 25 persen. Sedangkan pasangan perorangan Rachman-Anwar memperoleh suara paling sedikit yakni 1.784 atau sebesar 2 persen.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: