Home / BERITA / Pilkada Indonesia Gunakan Paku, Delegasi Asing Tercengang

Pilkada Indonesia Gunakan Paku, Delegasi Asing Tercengang

ilustrasi_pencoblosan
ilustrasi: pencoblosan kartu pemilih (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com,Jakarta – Anggota Delegasi Asing di cengangkan dengan proses pemilihan suara di Indonesia setelah mengetahui ternyata pencoblosan di Indonesia menggunakan paku,Kamis (10/12/15). Sampai berita ini di turunkan,di dunia proses pencoblosan menggunakan paku masih di gunakan di 2 negara,yaitu Kamboja dan Indonesia.

KPU memang mengajak anggota delegasi asing untuk menyaksikan proses pemungutan suara hingga perhitungan suara di beberapa TPS dalam program Electoin Visit Program. Sejumlah pertanyaan seputar pelaksanaan pilkada di Indonesia dilontarkan oleh para anggota delegasi asing dari korea ,Won Jung kepada KPU .

“ saya lihat di TPS kalian menggunakan paku untuk memilih calon. Kenapa masih memakai paku?” ujarnya.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay pun menjawab pertanyaan itu. Pada pemilu tahun 2004, sebenarnya Indonesia sudah tidak lagi menggunakan sistem coblos. Cara memilih sudah diganti dengan cara memcontreng. Namun, kata Hadar, pada saat itu tingkat suara tidak sah justru tinggi. Karena ada beberapa pemilih yang mencontreng tidak sesuai aturan dan membuat suara tidak sah.

Hadar mengatakan, hal itu membuat suara yang seharusnya masuk sebagai dukungan bagi para kandidat jadi terbuang sia-sia. “Makanya kami kembali ke cara awal dengan menggunakan paku. Terbukti efektif mengurangi jumlah suara yang tidak sah,” ujar dia. Hadar mengatakan di dunia ini hanya tinggal dua negara yang menggunakan paku saat pemilu, yaitu Kamboja dan Indonesia.

Menurut Hadar, menggunakan paku terhitung masih efektif untuk diterapkan di Indonesia. Banyak kesan-kesan dari para delegasi asing yang ikut dalam program Election Visit Program tersebut. Mereka juga mengapresiasi lokasi pemungutan suara dalam pemilu di Indonesia yang bisa dilakukan di mana saja. TPS bisa dibangun di pinggir jalan, di sekolah, atau di lapangan. An

About cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: