Home / BERITA / Pilkada Solo Ditetapkan Partisipasi Pemilih Perempuan Tertinggi

Pilkada Solo Ditetapkan Partisipasi Pemilih Perempuan Tertinggi

ilustrasi pilkada serentak solo 2015 (suarapemilih.com)
ilustrasi pilkada serentak solo 2015 (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, SOLO-Berdasrakan hasil rekapitulasi suara berdasarkan formulir Mordel C1 yang telah ditetapkan KPPS, partisipasi pemilih perempuan di Solo dalam pemilihan kepal daerah (pilkada) serentak tertinggi se Solo, Minggu (13/12/2015). Sampai berita ini diterbitkan, jumlah partisipasi tertinggi masih di Solo.

Besarnya pemilih perempuan yang terlibat di pesta demokrasi pada Rabu (9/12/2015) lalu mencapai 147.784 orang atau 75,85 %ndari jumlah pemilih perempuan.

“Partisipasi pemilih perempuan, laki-laki, dan difabel mulai dipilah pada pilkada serentak 2015. Pemilahan tersebut dibuat berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemilu sebelumnya,” terang Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Agus Sulistyo.

Ia juga menjelaskan keterlibatan perempuan dalam setiap penyelenggaraan pemilu penting dipantau. “Mayoritas pemilih perempuan. Partisipasi perempuan menyalurkan suara di pemilu penting dipantau,” katanya.

“Di pileg dan pilpres lalu belum ada pemilahan. Baru pada pilkada serentak tahun ini, pemilih perempuan, laki-laki, dan difabel, dibuat pendataan khusus,” imbuh Agus.

Terpisah, pengamat politik dan hukum UNS, Sunny Ummul Firdaus, mengapresiasi tingginya capaian partisipasi pemilih perempuan di Solo.

Sunny menjelaskan terdapat perbedaan karakter antara pemilih perempuan dan laki-laki saat menjatuhkan pilihan. “Menurut saya pemilih perempuan cenderung lebih cermat saat akan menjatuhkan pilihan. Mereka punya pertimbangan sendiri sebelum memilih,” terang dia.

Menurutnya, kultur perempuan di Kota Solo juga cenderung terbuka pada suara yang digulirkan di forum tingkat RT sampai kota.
“Kultur perempuan selama ini cukup aktif berkegiatan pertemuan. Ini secara tidak langsung memengaruhi pilihan mereka. Mereka yang paling aktif menyimak setiap forum pertemuan mulai dari RT sampai tingkat kota,” ungkap Sunny.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: