Home / BERITA / PNS tak netral di Sukoharjo berujung pemecatan

PNS tak netral di Sukoharjo berujung pemecatan

ilustrasi PNS/suarapemilih.com
ilustrasi PNS/suarapemilih.com

Suarapemilih.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sukoharjo selalu mengamati indikasi politisasi birokrasi dan mobilisasi pegawai negeri sipil (PNS) untuk mendukung calon bupati (cabup) petahana, Wardoyo Wijaya. Pasalnya, anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah, Sriyanto Saputro, menilai Agus Santosa berpotensi bakal memolitisasi birokrasi dan mobilisasi PNS untuk memuluskan jalan calon bupati (cabup) petahana, Wardoyo Wijaya, di pilkada, 9 Desember mendatang. PNS tak netral di Sukoharjo akan berujung pemecatan. (Baca juga: Catatan Wardoyo Wijaya)

Kemungkinan itu bisa terjadi lantaran Pj. bupati akan menerapkan prinsip balas jasa. Untuk itu Sriyanto meminta Panwaslu Sukoharjo memberi perhatian.

Anggota Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Sukoharjo, Moch. Sutopo, menyampaikan sebelum Sriyanto menyampaikan pendapatnya itu Panwaslu sudah bertindak sejak jauh-jauh hari. Menurut dia potensi politisasi birokrasi dan mobilisasi PNS di Sukoharjo sudah diantisipasi dengan pemberian pemahaman pentingnya netralitas PNS melalui sosialisasi. Hal penting yang ditonjolkan berkaitan dengan sanksi tegas, yakni pemecatan kepada PNS yang kedapatan tidak netral.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan road show di 12 kecamatan di Sukoharjo dengan menghadirkan para PNS di kecamatan, UPTD, dan kepala desa/lurah bersama perangkat, sejak Juli lalu. Sehingga sangat fatal akibatnya jika PNS tidak netral. Selain itu, Sukoharjo masuk dalam daftar daerah yang rawan politisasi birokrasi.(Pa/Kf)

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: