Home / BERITA / Pro dan Kontra Syarat Calon Independen, KPU Tetap Siap Gelar Pilgub DKI

Pro dan Kontra Syarat Calon Independen, KPU Tetap Siap Gelar Pilgub DKI

Pro dan Kontra Syarat Calon Independen, KPU Tetap Siap Gelar Pilgub DKI
Foto Tanggal pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta 2017 (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta siap menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sesuai peraturan yang berlaku setelah terlepas dari banyaknya pro dan kotra terkait persyaratan calon independen, Rabu (29/06/2016). Sampai berita ini diturunkan KPU telah membuat jadwal pilkada nanti.

Ketua KPU DKI, Soemarno mengatakan pihaknya siap dan bakal menjalankan seluruhnya meski masih banyak yang pro dan kontra di luar sana.

Soemarno juga mengungkapkan rangkaian pemilihan pilkada DKI dimulai dari verifikasi administrasi calon independen. Syarat dukungan calon independen minimal 7,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir. Dukungan juga harus tersebar 50 persen di semua wilayah DKI. DPT DKI sekitar 7 juta. Jadi dukungan sekitar 500 ribuan harusnya terkumpul.

Ia menambahkan verifikasi faktual akan dimulai pada 21 Agustus – 3 September 2015. Verifikasi mengharuskan KPUD DKI mendatangi satu per satu pendukung yang sudah lolos verifikasi. Jika pendukung tidak ada di tempat, pendukung harus mendatangi panitia setempat untuk verifikasi maksimal tiga hari setelah didatangi petugas.

Selanjutnya, akan dilakukan rekapitulasi dukungan pada 18 September di tingkat Provinsi DKI. Kemudian pada 19 sampai 21 September mulai pendaftaran calon gubernur baik dari parpol maupun independen.

Sementara itu KPUD akan melakukan verifikasi. Sampai 22 Oktober KPUD akan menetapkan calon definitif. Pada 23 Oktober bakal diadakan pengundian nomor urut calon. Tiga hari setelahnya, 26 Oktober sampai 21 Februari 2017 calon gubernur dan wakil gubernur DKI diperbolehkan memasuki masa kampanye. Dan pilkada akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017. Adm

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: