Home / BERITA / Program Sekolah Gratis 9 Tahun di Pemalang belum Direalisasi

Program Sekolah Gratis 9 Tahun di Pemalang belum Direalisasi

foto ilustrasi pelajar
foto ilustrasi pelajar

Suarapemalang – Biaya operasional siswa dinaikkan untuk menopang program pendidikan gratis 9 tahun. Program itu direncanakan akan dimulai tahun ajaran 2012-2013. Bupati Pemalang juga menghimbau kepada Kepala Dindikpora Kabupaten Pemalang untuk mengevaluasi gedung dan fasilitas sekolah yang rusak untuk segera dilakukan perbaikkan, karena untuk menunjang kelancaran program pendidikan gratis 9 tahun.

Tujuan Bupati Pemalang mengadakan program gratis 9 tahun itu tidak lain agar anak-anak di Kabupaten Pemalang tidak putus sekolah dan dapat melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi sehingga rakyat yang kurang mampu dan tidak bisa menyekolahkan anaknya karena gara-gara faktor ekonomi, anaknya dapat sekolah dan mendapatkan pendidikan yang baik.

Tapi di balik semua itu tidak berjalan sesuai rencana. Karena di beberapa sekolah hampir banyak sekolah di kabupaten pemalang mengambil kesempatan untuk melakukan pungutan biaya sekolah, dengan banyak alasan dari sekolah untuk melakukan pungutan biaya tersebut. Seperti dengan alasan untuk biaya pembangunan, untuk biaya fasilitas sekolah, dan lain sebagainya.

Banyak wali murid yang mengeluh tentang pungutan liar yang sering terjadi di sekolah anaknya.
“katanya gratis, kok masih ada pungutan biaya sih?” ujar salah satu wali murid SMP di Kabupaten Pemalang.

Mendengar keluhan tersebut tidak ada respon dari Pemerintah Kabupaten Pemalang.
“pemkot membiarkan saja pungutan liar itu terjadi, seperti rumput liar yang tidak pernah dibasmi sehingga akan semakin menjalar” ujar salah satu wali murid.

Hal seperti itu sangat kontra sekali dengan program pemerintah sekolah gratis 9 tahun. Jika sudah dianggarkan biaya untuk operasional siswa, mengapa di beberapa sekolah masih terdapat pungutan liar?.(El/Pa/Jn)

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: