Home / BERITA / Putusan Perkara Digelar Tertutup

Putusan Perkara Digelar Tertutup

Ilustrasi Pilkada Serentak (suarapemilih.com)
Ilustrasi Pilkada Serentak (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com,Jakarta – Terkait pengambilan keputusan atas perkara sengketa Pilkada serentak 2015 yang belum di putuskan, Mahkamah Konstitusi (MK) lebih  memilih digelar secara tertutup,Rabu (20/01/2016). Sampai hari ini agenda Hakim Konstitusi masih membahas Rapat Permusyawarahan Hakim (RPH).

Rencananya, hasil RPH berupa putusan dismissal oleh Mahkamah akan diucapkan dalam sidang pleno terbuka untuk umum mulai Kamis, 21 Januari 2016.Dari sidang putusan dismissal tahap pertama, Mahkamah memutuskan untuk menolak 35 perkara sengketa Pilkada dari 40 perkara yang dibacakan putusannya.

Ketentuan Pasal 157 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada, memuat batas waktu pengajuan permohonan sengketa Pilkada adalah 3×24 jam sejak diumumkan penetapan perolehan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.Sementara itu, sebanyak lima perkara telah ditarik kembali oleh pemohon.

“Maka Mahkamah mengeluarkan ketetapan terkait dengan lima perkara yang sudah ditarik tersebut,” kata Fajar

Sebanyak 35 perkara tersebut tidak dapat diterima oleh Mahkamah karena melampaui tenggang waktu pengajuan permohonan, atau tiga kali 24 jam sejak SK KPU ditetapkan.

“Jadi, dari sidang pengucapan putusan kemarin belum ada perkara yang dinyatakan lolos,” kata Fajar. An

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: