Home / BERITA / Rekening Masih Utuh,Dana Kampanye Banyak Dipertanyakan

Rekening Masih Utuh,Dana Kampanye Banyak Dipertanyakan

Ilustrasi Laporan dana kampanye calon kepala daerah pilkada serentak 2015 (suarapemilih.com)
Ilustrasi Laporan dana kampanye calon kepala daerah pilkada serentak 2015 (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com,Jakarta – Rekening khusus dana kampanye dianggap tidak mencerminkan penerimaan dan pengeluaran calon kepala daerah dalam mengelola dan kampanye setelah rekening masih utuh dan dana kampanye banyak dipertanyakan,Kamis ( 21/01/16). Hingga saat ini,Lembaga pemantau pemilu Jaringan Pendidik Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menemukan minimnya penggunaan rekening khusus dana kampanye dari 27 calon kepala daerah di 9 daerah.
Deputi Koordinator Nasional Sunarto mengatakan, perolehan dana kampanye oleh calon kepala daerah wajib dikelola dan dipertanggungjawabkan berdasarkan prinsip akuntabilitas dan transparansi.Dalam penelitian yang dilakukan oleh JPPR, rekening khusus tersebut hanya digunakan untuk memenuhi syarat administrasi sebagai kandidat kepala daerah.

Menurut Sunarto, fakta tersebut dilihat dari besarnya saldo awal dan saldo akhir di rekening khusus yang sama persis, tidak mengalami perubahan.Sebagian besar tim kampanye memilih untuk menyimpan uang tunai, kemudian dipegang oleh bendahara.

Untuk memastikan perbaikan pelaporan pendanaan kampanye agar lebih transparan, Sunanto menekankan perlunya mekanisme yang lebih ketat.Ia mengusulkan kewajiban melakukan transaksi dengan menggunakan rekening. Setiap penerimaan dan pengeluaran wajib dilakukan melalui rekening resmi sehingga mempermudah pelaporan di akhir masa kampanye.An

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: