Home / BERITA / KPU Optimis Menang 100 Persen Dalam Gugatan

KPU Optimis Menang 100 Persen Dalam Gugatan

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) (suarapemilih.com)
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimis menang 100 persen dalam gugatan perselisihan hasil pilkada (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK) setelah pihak KPU sudah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan, baik berupa keterangan jawaban dan alat bukti, Rabu (06/01/2016). Sampai berita ini diturunkan KPU optimis menang 100 persen dalam gugatan tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU pusat Ida Budhiati mengatakan, 90 persen permohonan yang diajukan ke MK tidak berkaitan dengan persoalan perselisihan hasil perhitungan suara. Persoalan lebih banyak ialah persoalan tahapan pemilihan, teknis penyelenggaraan, serta dugaan pelanggaran yang dilakukan secara terstruktur, sitematis, dan massif.

Ia mengungkapkan KPU sudah jauh hari menyiapkan jajarannya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan pemetaan masalah dan deteksi dini. Begitu pula KPU Daerah, juga telah dihimbau menyusun kronologi dan menyiapkan alat bukti dari setiap persoalan yang muncul pada setiap pemilihan.

Dengan adanya hal tersebut, ketika KPU Daerah menerima gugatan seperti saat ini, mereka akan lebih siap dalam menghadapi sengketa. Termasuk bagi KPU Daerah yang mendapat permohonan gugatan perselisihan hasil pilkada lebih dari satu.

Diketahui, hari ini KPU mengumpulkan semua KPU dari daerah-daerah yang hasil pilkadanya digugat ke MK. Pertemuan dilakukan untuk menguatkan dan memetakan karakteristik gugatan dalam menghadapi persidangan perselisihan hasil pilkada di MK. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

pilkada serentak,suarapemilih.com

Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi

Suarapemilih.com,-Daftar Nama Pasangan Calon Kepala Daerah Pendaftar Pilkada Serentak 2018 di 17 Provinsi Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: