Home / BERITA / Strategi KPU melalui Kesenian

Strategi KPU melalui Kesenian

ilustrasi tari kuda lumping  atau jaran kepang atau jatilan/suarapemilih.com
ilustrasi tari kuda lumping atau jaran kepang atau jatilan/suarapemilih.com

Suarapemilih.com – Komisis Pemilihan Umum (KPU) Bantul mengambil langkah baru untuk menyosialisasikan Pilkada serentak 2015 dengan strategi melalui kesenian tradisional. Beberapa kesenian tersebut diantaranya adalah tari jatilan atau kuda lumping, dagelan campursari, gejok lesung, angklung, dagelan, parade hadroh, sendratari, keroncong, elektone, karawitan, wayang thenglong hingga reog.

Puluhan hingga ratusan pelaku kesenian dari 17 kecamatan di Bantul ikut serta dalam sosialisasi Pilkada yang digelar oleh KPU dengan target partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen.

Salah satunya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bantul menggelar pentas kuda lumping di Lapangan Pasutan, Trirenggo, Minggu (4/10/2015). Kesenian tersebut diambil dari warga kecamatan di Bantul sehingga dianggap akan lebih efektif.

Ketua PPK Bantul, Dwika Yuli Setiawati mengatakan, pemilihan tari kuda lumping sebagai media sosialisasi pilkada adalah kesenian tersebut memiliki daya tarik yang besar di kalangan masyarakat mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Disela-sela pentas seni yang telah digelar pada 3-4 Oktober di pendapa kantor kecamatan, lapangan desa hingga pasar tersebut, panitia menyelipkan pengumuman Pilkada, memperkenalkan dua pasangan calon peserta Pilkada yaitu paslon Suharsono-Abdul Halim Muslih dan Sri Suryawidati-Misbakhul Munir. Di acara itu, panitia juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Sosialisasi melalui kesenian tersebut baru pertama kali dilaksanakan oleh KPU Bantul. Komisioner KPU Divisi Pendidikan dan Sosialisasi Pemilih, Titik Istiawatun Khasanah menyatakan, pentas seni merupakan salah satu metode sosialisasi dari beberapa cara yang telah dilaksanakan KPU. Selama ini KPU menyosialisasikan Pilkada melalui cara-cara konvensional seperti pertemuan tatap muka ke kalangan pemilih pemula dan kelompok masyarakat lainnya.(Pa)

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: