Home / BERITA / Surat Suara 20 TPS Hilang, KPU Siap Pilkada Ulang

Surat Suara 20 TPS Hilang, KPU Siap Pilkada Ulang

Surat Suara 20 TPS Hilang, KPU Siap Pilkada Ulang
Foto Ketua KPU Husni Kamil Manik (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap melakukan pilkada ulang di Kecamatan Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara setelah surat suara di 20 TPS hilang, Sabtu, (30/01/2016). Sampai berita ini diturunkan belum diketahui kemana surat-surat suara tersebut menghilang.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan Hal ini berkenaan dengan laporan penghitungan surat suara ulang (PSSU) di Kecamatan Bacan, Halmahera Selatan yang diketahui surat suara di 20 Tempat Pemungutan Suara (TPS) hilang tanpa jejak dari total 28 TPS di kecamatan tersebut.

Husni mengungkapkan terkait temuan tersebut pihaknya telah dibuat laporan ke MK, dan KPU provinsi (Maluku Utara) juga, pihaknya tinggal menunggu tindaklanjut kasus tersebut.

Ia menambahkan, termasuk melakukan pemungutan suara ulang di TPS yang surat suaranya hilang tersebut. “Kalau diperintahkan (pemungutan suara ulang), kami akan lakukan pemungutan surat suara ulang,” ujar Husni.

Meski surat suara di 20 TPS tersebut hilang, namun Husni mengatakan formulir C1, C1 plano dan formulir DAA (hasil rekapitulasi kecamatan) masih ada dan lengkap. Menurutnya, data-data tersebut juga yang turut dilaporkan KPU ke MK. Hal senada diungkapkan serupa oleh Ketua KPU Maluku Utara Syahrani Somadayo yang mengambil alih proses penghitungan surat suara di Halmahera Selatan.

Ia berharap bukti tersebut cukup untuk melaporkan hasil pemungutan suara ulang di Kecamatan Bacan, termasuk berharap agar MK tidak memutuskan pemungutan suara ulang di Kecamatan tersebut mengingat biaya yang dibutuhkan untuk pemungutan suara ulang tersebut. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: