Home / BERITA / Tak Miliki Dasar Hukum, Golkar Rawan Dipecat

Tak Miliki Dasar Hukum, Golkar Rawan Dipecat

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Zainuddin Amali (suarapemilih.com)
Sekretaris Jenderal Partai Golkar Zainuddin Amali (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA-Sekretaris Jenderal Partai Golkar Zainudin Amali menyampaikan pasangan calon pemenang Pilkada Serentak 2015 yang berasal dari Partai Golkar rawan digugat, sebab sejak 1 Januari 2016 Golkar tidak memiliki dasar hukum sebagai partai politik (parpol) yang diakui negara, Sabtu (2/01/2016). Sampai berita ini diterbitkan Golkar masih belum memiliki dasar hukum.

“Kalau ada gugatan Pilkada, bagaimana yang dari Golkar? DPP sudah tidak ada (pengakuan dari pemerintah),” ujar Zainudin setelah hasil Munas IX Jakarta.

Pasangan calon dapat diusung oleh partai politik atau gabungan parpol yang memiliki SK Menkumham. Jika tidak Potensi gugatan bisa terjadi merujuk pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Dalam kasus Golkar, pasangan calon yang diusung dalam Pilkada memang tidak merujuk SK Menkumham atas pengesahan kepengurusan. Tapi SK kepengurusan hasil perdamaian, karena saat itu SK pengesahan DPP Partai Golkar hasil Munas IX Jakarta sedang digugat.

Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly memang pernah mengatakan bahwa akan mencabut SK pengesahan DPP Partai Golkar hasil Munas IX Jakarta. Namun rupanya, pencabutan SK dilakukan saat tahapan Pilkada belum usai. “Kok tiba-tiba sebelum tahapan Pilkada selesai sudah dicabut. Lalu siapa yang selesaikan sengketa (gugatan Pilkada)?,” ucap Zainuddin.

Beberapa pasangan calon asal Golkar yang memenangkan Pilkada, kini ada yang sedang digugat di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun bukan karena pencabutan SK pengesahan DPP Partai Golkar hasil Munas IX Jakarta, melainkan karena perselisihan hasil suara.Mr

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: