Home / BERITA / UNDANGAN: PELIPUTAN AKSI TAPA PEPE

UNDANGAN: PELIPUTAN AKSI TAPA PEPE

ilustrasi-topo-pepe_yogyakarta (suarapemilih.com)
ilustrasi-topo-pepe_yogyakarta (suarapemilih.com)

UNDANGAN PELIPUTAN AKSI TAPA PEPE

Yth. Para Pegiat Media

di Jakarta

Salam hormat,
Tradisi aksi protes sudah dikenal di negara kita sejak jaman kerajaan dulu. Bahkan Mohamad Hatta, Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, menyebut tradisi protes sebagai ‘hak rakyatIndonesia yang asli’.

Bung Hatta merujuk pada dua prinsip hukum adat Indonesia yakni rapat, sebagai tempat utusan rakyat mencari permufakatan, dan hak Rakyat untuk membantah secara umum (recht op massa-protest). Raja-raja nusantara yang paling lalim sekalipun, kata Bung Hatta, tidak pernah melanggar hak-hak rakyat tadi. Dengan demikian, hak protes sudah seperti harta pusaka bangsa Indonesia yang dipunyai sejak lama.

Langit Kresna Hariadi, yang menulis buku tentang Gajah Madah, Patih Majapahit yang terkenal itu, sempat menyentil praktik aksi protes di era Majapahit. Ia menyebut tentang adanya tradisi pepe atau berjemur beramai-ramai untuk menyampaikan aspirasi kepada penguasa atau dikenal “tapa-pepe” yang dilakukan di alun-alun keraton.

Protes ini bukan merupakan “pembangkangan” terhadap raja. Sebab, dengan posisi raja sebagai “pengembang keadilan”—perwujudan Ratu Adil, maka aksi protes atau “tapa pepe” itu dianggap sah dan diakui sebagai hak dasar rakyat. Menariknya, sekalipun pelaku “tapa pepe” hanya perorangan, raja biasanya langsung merespon dengan memanggil dan menanyakan maksudnya.

Hari ini, banyak warga DKI melakukan protes dan penolakan terhadap Balon Gubetnur DKI yang arogan, tidak konsisten, tidak santun bahkan cenderung kutu loncat dari satu partai ke partai lain.

Untuk itu kami mengundang kawan-kawan media untuk meliput Aksi Tapa Pepe pada :
Hari Pertama/Tgl :Rabu/24 Agustus 2016
Tempat : Kantor Pusat DPP PDI Perjuangan, Jl. Dipanegoro 58, Menteng- Jakpus.
Pukul : 15.00 s.d. 18.00

Demikian. Terimakasih atas partisipasinya.

CP : Djoemali 081283315359

About cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: