Home / BERITA / UU Pilkada Masih Disempurnakan, KPU Tetapkan Waktu Pilkada

UU Pilkada Masih Disempurnakan, KPU Tetapkan Waktu Pilkada

UU Pilkada Masih Disempurnakan, KPU Tetapkan Waktu Pilkada
Foto Husni Kamil Manik, Hadar Nafis Gumay dan Muhamad (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan penetapan waktu pemungutan suara pilkada serentak gelombang kedua setelah UU Pilkada masih dalam tahap evaluasi sejumlah poin terkait rencana revisi UU No 8 Tahun 2015, Selasa (16/02/2016). Sampai berita ini diturunkan Pilkada gelombang bakal dilaksanakan pada 15 februari 2017.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan pihaknya telah mendesain tahapan sesuai waktu pemungutan suara. Soal revisi, pihaknya telah memberikan kontribusi setelah diminta masukan DPR atas perubahan UU. Sampai saat ini, UU No 8 Tahun 205 masih berlaku dan kami akan sempurnakan terkait ada tidaknya revisi.

Menurut Husni, upaya KPU menghimpun masukkan soal revisi UU Pilkada dilakukan melalui diskusi dengan Bawaslu, pengamat, dan utusan sejumlah lembaga non-pemerintah pemerhati pemilu. Selain penganggaran, poin pencalonan menjadi isu krusial yang banyak disuarakan dari diskusi yang digelar tidak lama berselang setelah KPU mengumumkan waktu pemungutan suara Pilkada Serentak 2017.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay dan Ketua Bawaslu Muhammad mengatakan hal yang senada kata mereka poin penganggaran perlu mendapat perhatian serius dan perbaikan. Namun usulan itu tak mudah direalisasikan lantaran akan diwarnai perdebatan panjang.

Pengamat Pemilu Ramlan Surbakti berpendapat, aspek pencalonan mendesak dievaluasi. Buruknya aspek pencalonan berimbas pada suara tak sah dalam Pilkada Serentak 2015. Upaya perbaikan itu bisa dimulai dari mengubah mekanisme pengajuan calon oleh parpol agar lebih kompetitif. Misalnya saja parpol atau gabungan parpol yang ingin mengajukan calon harus menyiapkan minimal dua bakal paslon demi menciptakan iklim kompetisi di internal parpol. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Blusukan Rudi Brengos Di Pasar Sapi Rejosari yang Mangkrak

Salatiga – pedagang pasar rejosari di kagetkan dengan kehadiran pak brengos (agus rudianto) calon walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: