Home / BERITA / UU Pilkada Merugikan, Ini Solusinya

UU Pilkada Merugikan, Ini Solusinya

Foto Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jerry Sumampouw (suarapemilih.com)
Foto Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jerry Sumampouw (suarapemilih.com)

Suarapemilih.com, JAKARTA – Komite Pemilih Indonesia memberikan solusi terhadap Pasal 158 UU Pilkada Nomor 8 Tahun 2015 yang mengatur pembatasan gugatan sengketa pilkada setelah pasal tersebut dinilai merugikan pasangan calon (paslon) Kepala Daerah, Minggu (27/12/2015). Sampai berita ini diturunkan permasalahan UU Pilkada belum terselesaikan.

Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jerry Sumampouw menganggap Pasal 158 tersebut mematikan demokrasi. Maka ia memberikan solusi mengatasi polemik ketentuan UU tersebut dialah harus dilakukan judicial review atau pemberlakuan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPPU).

Meski judicial review dalam pasal tersebut bisa dilakukan dan dikabulkan, namun Jerry menilai hasilnya juga tidak akan bisa dirasakan langsung. MK tidak berlaku surut. Maka Jerry menilai satu-satunya harapan adalah pemerintah mengeluarkan Perppu atas polemik tersebut.

Hal tersebut pengandaian, jika MK mau menerima yang tidak sesuai dengan ketentuan atau di atas dua persen dengan catatan undang-undang yang diubah. Kf

About suara pemilih cyber team

Check Also

Deklarasi Revitalisasi ISRI

Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Dibangkitkan Kembali Marhaenis Yogyakarta

YOGYAKARTA, SUARAPEMILIH.COM – Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) akan dibangkitkan kembali oleh kalangan sarjana Marhaenis Yogyakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: